Apa Itu OVA, Apa Itu ONA, Dan Apa Itu OAD Dalam Industri Anime Jepang

Mengenal Istilah OVA, ONA, dan OAD Dalam Industri Anime Jepang


Sahabat Dafunda Otaku sekalian pasti pernah mendengar istilah dalam suatu anime mengenai OVA, ONA, dan OAD. OVA. ONA, dan OAD biasanya terdapat pada sebuah akhir dari episode anime namun tidak jarang Episode tersebut bisa muncul sebelum anime TV-nya tayang. Contoh (OVA Masamune-kun no Revenge).

Nah kali ini saya akan membahas mengenai Apa itu istilah OVA, apa itu ONA, dan apa itu OAD dalam Industri Anime di Jepang. Berikut penjelasan mengenai istilah tersebut.

1. OVA

OVA atau Original Video Animation adalah suatu episode special yang biasanya muncul pada akhir episode atau awal episode. Namun pada awalnya, OVA bukanlah istilah pertama pada suatu episode special melainkan OAV (Original Adult Video), karena banyak orang yang salah paham maka istilah tersebut diganti menjadi OVA.

BACA
5 Anime Terfavorit Dengan Vote Tertinggi dari NTT Docomo, Rekomendasi Anime Spring Terbaik!

OVA biasanya menceritakan sebuah lanjutan dari suatu episode anime, namun tidak jarang OVA juga menceritakan sebuah alur yang melenceng dari cerita aslinya. OVA biasanya dirilis untuk mengisi waktu delay/luang agar para penggemar tidak bosan dengan cerita tersebut sekaligus mengetahui tingkat seberapa banyak orang yang masih menyukai anime tersebut.

Contoh OVA:

2. OAD

Yang kedua adalah OAD, apa itu OAD? OAD adalah (Original Animation DVD) yang bentuknya dalam sebuah DVD.

Anime Dvds

Sama seperti OVA, ONA bertujuan mengetahui minat pembaca mengenai sebuah anime dan mengisi waktu delay suatu anime tersebut.

3. ONA

Apa itu ONA? ONA merupakan singkatan dari (Original Net Anime) dalam artian sebuah video berbentuk streaming. ONA biasanya disiarkan pada website mereka atau website video seperti YouTube.

BACA
12 Anime School Romance Terbaik Yang Cocok Untuk Kamu Yang Lagi PDKT

ONA bertujuan untuk merayakan suatu pencapaian sebuah anime, misalnya ulang tahun, hari special, atau hal-hal lainnya. Sama seperti OVA dan OAD, ONA dibuat untuk mengetahui seberapa besar minat pembaca mengenai anime tersebut. Contoh salah satu ONA adalah:

  • Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Emiya

Itulah penjelasan mengenai Apa itu OVA, apa itu OAD, dan apa itu ONA dalam Industri Anime di Jepang. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Suka Suka
4
Suka
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
2
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Takjub Takjub
10
Takjub
Ngakak Ngakak
1
Ngakak

0 Komentar

Syahrul Nizam

Emperor

Suka dengan game, anime, hingga hal-hal yang menarik lainnya. Contact; Email: [email protected] ~ Doing interesting things is my principle.
Mau Berbagi Apa Hari ini?
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals