Bagaimana Sebuah Anime Mendapatkan Keuntungan Ditengah Maraknya Aksi Pembajakan Film?

in
Yuuragi Sou

Jika kita berbicara mengenai anime pasti tidak jauh-jauh dari cerita yang begitu hebat, visual yang sangat memukau, dan lagu yang begitu apik. Namun, apa kalian pernah berpikir mengenai bagaimana sebuah anime mendapatkan keuntungan di tengah maraknya aksi pembajakan secara ilegal.

Jika berbicara mengenai pembajakan, maka Indonesia termasuk ke dalam negara yang memiliki banyak website pembajakan film, manga, ataupun anime. Tentu saja aksi ini tidak disarankan untuk dilakukan oleh kalian, akan tetapi kalian memang tidak punya pilihan lain selain menonton hasil bajakan tersebut.

Untuk itu, pada artikel ini akan kami berikan beberapa sumber pendapatan dari sebuah anime yang diproduksi setiap tahunnya. Selain itu kami juga akan memberikan pendapat mengenai aksi pembajakan yang masih sering terjadi saat ini. Anime mendapatkan Keuntungan melalui Iklan

1. Iklan Menjadi Sumber Pendapatan Pertama

Sebuah anime yang tayang di televisi Jepang pada umumnya memiliki iklan yang diselipkan pada waktu jeda. Tentu saja hal itu merupakan alasan paling masuk akal mengenai pendapatan yang diperoleh oleh sebuah anime.

Boku No Hero

Akan tetapi, iklan tersebut biasa tayang pada malam hari karena kebanyakan anime di Jepang memang selalu tayang di waktu larut atau tengah malam. Tentu saja banyak pengiklan yang akan memikir ulang untuk melakukan hal itu.

Tentu saja ini bukanlah pendapatan utama yang diperoleh oleh anime tersebut.


2. Penjualan DVD, Merchandise, dan Lain-lain menjadi sumber utama

Sumber pendapatan dari sebuah anime berasal dari penjualan DVD Bluray-Disc mereka. DVD yang mereka sebar biasanya akan laris jika anime tersebut mendapatkan popularitas dikalangan para otaku.

Sebenarnya, selain DVD, anime juga mendapatkan keuntungan melalui penjualan Novel ataupun manga, akan tetapi tidak akan kami bahas disini.


3. Penjualan Lisensi kepada Lisensor

Salah satu pendapatan yang diterima oleh anime adalah dengan menjual lisensi anime kepada lisensor. Hal ini bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena setiap anime biasanya mematok harga yang cukup tinggi untuk sebuah lisensi.

Yuuragi Sou

Kita biasa ambil contoh dimana Funimation sering membeli lisensi dari berbagai anime dan mendistribusikan anime tersebut ke berbagai penjuru.


4. Penjualan Musik berbagai pendukung Lainnya

Musik merupakan hal yang vital dari sebuah anime, karena sebuah anime akan dikenang jika memiliki musik yang sangat populer. Kita bisa ambil contoh dari anime Fullmetal Alchemist yang dimana mereka memasukkan musik Yui berjudul Again yang membuat anime ini masih populer.

Shigatsu Wa Kimi No Uso

Dan keempat hal itu mampu menghasilkan pendapatan yang cukup banyak, sebenarnya pendapatan mereka bisa bertambah banyak jika para penyedia film bajakan tidak melakukan aksi tersebut.


Mengapa Pembajakan Masih Terjadi Sampai Saat Ini?

Pada dasarnya, tindakan yang kalian lakukan tersebut bisa saya pahami karena saya juga sering menonton hasil bajakan pada website tertentu. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka terpaksa menonton hasil bajakan karena tak mampu membeli DVD BD dari anime tersebut.

Ada juga yang beralasan bahwa mereka ingin membeli DVD-nya, namun butuh waktu untuk sampai ke Indonesia. Padahal kalian bisa memberikan support kepada anime tersebut dengan melakukan streaming di website secara legal seperti Crunchyroll ataupun Ponimu.

Crunchyroll

Akan tetapi, kalian beralasan bahwa disana hanya menyediakan subtitle dengan bahasa Inggris. Sebenarnya subtitle dengan bahasa Inggris itu bisa membuat kamu menjadi lancar dalam menggunakan bahasa asing tersebut.

Selain alasan diatas, pembajakan juga kerap terjadi karena hasil yang mereka terima cukup memuaskan. Sebuah website dengan visitor 70k-150k perhari bisa menghasilkan uang sekitar 100 juta perhari.

Siapa yang tidak tertarik dengan hal itu, saya pun sangat tertarik dengan bisnis tersebut namun saya tidak melakukan hal itu karena sampai saat ini saya masih nyaman dengan pekerjaan saya sebagai penulis.

Yap saya rasa cukup sekian pembahasan mengenai pembajakan yang terjadi di Indonesia dan beberapa alasan atas hal itu. Tentu saja ini masih menjadi opini pribadi saya, dan jika tidak sesuai dengan pendapatmu silahkan komentar dibawah yah.

Ayo mulai berdiksusi