Bisa dikatakan nasib kedua orang yang akan kita bahas kali ini sangatlah malang. Dua orang berinisial LY dan WY yang berasal dari Tiongkok ini diciduk kepolisian Kyoto atas tuduhan melanggar UU hak cipta Jepang. Setelah keduanya kedapatan mengupload (mengunggah) Anime yang dilindungi hak cipta ke internet.

Polisi berhasil menangkap kedua pelaku setelah melacak alamat IP mereka saat mengunggah Anime. WY ditangkap karena mengunggah The Heroic Legend of Arslan: Dust Storm Dance pada bulan juli lalu, sementara LY dicurigai mengunggah  Fate/Kaleid Iisner Prisma Illya Drei! pada bulan agustus lalu.

Mereka berdua dikatakan sebagai anggota dari “Subtitle Group” (字幕组). Yaitu sebuah grup pembajak asal Tiongkok yang sering mengunggah Video. Anime dari jepang tidak luput dari video yang mereka unggah.

Padahal Anime yang mereka upload di khusus kan untuk pengunjung situs dari negara asal mereka, Tiongkok. Akan tetapi mereka berdua harus berurusan dengan pihak yang berwajib dari Jepang karena telah melanggar hak cipta disana. Semoga informasi ini menjadi pelajaran bagi kita semua.

Source: Sankei West & ANN

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.