Persaingan ketat di dunia mobage sepertinya memang tidak terelakkan, dengan munculnya 2 raksasa baru di kancah permainan portable tersebut yang bernama Fate/Grand Order dan The [email protected]: Cinderella Girls membuat para pendahulunya kalang kabut. Salah satunya adalah developer game terkenal KLab yang merilis game LoveLive! School Idol Festival dan Bleach: Brave Souls untuk smartphone.

Laporan keuangan mereka yang dipublikasikan pada hari Senin lalu mengumumkan adanya penurunan keuntungan sebesar 60,9% dibandingkan tahun 2014-2015. Perusahaan tersebut meraup keuntungan hanya 700 juta JPY saja terhitung tanggal 1 Januari 2015 sampai 31 Desember 2015. Jauh tertinggal dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar 1,8 milyar JPY.

Klab-penjualan-super-turun-2-DAFUNDA

Total penjualan mereka turun 2,2% ke 20,9 milyar JPY, namun biaya operasi mereka malah naik 1,6% menjadi 2,2 milyar JPY. Untungnya, hutang-hutang mereka turun dari 25,1% menjadi 1,9 milyar JPY. Dalam paruh ketiga tahun 2015 juga tertulis kalau biaya operasi mereka naik sedangkan angka penjualan LoveLive! dan Bleach merosot tajam. Jatuhnya angka penjualan tersebut juga meramalkan hasil penjualan yang buruk di masa depannya.

JANGAN LEWATKAN
Game "Love Live! School idol Festival" Mendapatkan Versi Arcade

Penurunan ini mungkin sudah bisa diduga. Pemasukan KLab mulai turun di bulan Agustus, karena saat itulah Fate/Grand Order dirilis. Kemudian disusul oleh Deresute yang rilis tidak jauh darinya. Keduanya telah sering membuat berita-berita pengeluaran luar biasa baik seiyuu maupun orang biasa karena rate gacha-nya yang sering bikin gigit jari. Sama seperti tarikan Ricoricorii beberapa hari yang lalu.

Klab-penjualan-super-turun-11-DAFUNDA