Anime & MangaOtakuOtaku List

8 Peringkat Mata Terkuat di Anime Naruto dan Boruto

Teknik Mata atau Dojutsu merupakan salah satu teknik yang paling kuat di Naruto dan Boruto, soalnya teknik tersebut bisa membuat lawan kalah dengan cepat dan ada efek bagi penggunanya. Lalu untuk mendapatkan teknik ini tidak mudah, soalnya tidak bisa dipelajari begitu saja tapi harus melalui keturunan. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas mata terkuat di Naruto dan Boruto.

Dojutsu yang akan kita bahas ini merupakan teknik mata yang mungkin banyak dari kalian yang sudah tau, lalu mata yang akan kita bahas ini bukan cuman dari Naruto saja, tapi dari Boruto juga akan kita bahas.

BACA JUGA:

Berikut Peringkat Mata Terkuat di Naruto dan Boruto

Penasaran bukan soal Dojutsu terkuat di Naruto dan Boruto? Kalau begitu mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Rinne Sharingan

Rinne Sharingan
Rinne Sharingan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Mata terkuat di Naruto dan Boruto yang pertama adalah Rinne Sharingan. Mata yang satu ini merupakan bentuk pertama dari Rinnegan dan Sharingan, walau begitu mata ini tidak bisa begitu saja mendapatkannya.

Karakter yang sudah terungkap sejauh ini memiliki Rinne Sharingan yaitu Kaguya Otsutsuki, Kaguya saja baru bisa mendapatkan mata ini setelah ia memakan Buah Chakra, Rinne Sharingan muncul di dahi Kaguya, sebagai mata ketiga dan salah satu teknik terkuat Rinne Sharingan yaitu Mugen Tsukuyomi.

2. Rinnegan

Rinnegan
Rinnegan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Mata terkuat di Naruto dan Boruto selanjutnya adalah Rinnegan. Nah karena mata ini berasal dari Otsutsuki, tentunya Rinnegan mempunyai segudang kekuatan yang sangat kuat. Terbukti sejauh ini pengguna Rinnegan sulit untuk dikalahkan.

Namun untuk menggunakan Rinnegan, soalnya membutuhkan Chakra dan Stamina dengan jumlah yang besar. Keunggulan dari Rinnegan yaitu bisa melihat aliran chakra, serta melihat ke dimensi yang berbeda.

3. Sukunahikona

Sukunahikona | mata terkuat di Naruto
Sukunahikona|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Mata terkuat di Naruto dan Boruto berikutnya adalah Sukunahikona. Mata yang satu ini merupakan Dojutsu milik Isshiki, dan Isshiki merupakan salah satu Otsutsuki yang menjadi ancaman Konoha pada serial Boruto.

Sebagai seorang Otsutsuki, tentunya Isshiki mempunyai banyak keunggulan daripada manusia biasa. Nah Sukunahikono mempunyai kemampuan dimana mata tersebut bisa merubah ukuran benda mati atau penggunanya dengan sesuka hati.

4. Tenseigan

Tenseigan | mata terkuat di Naruto
Tenseigan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Kemudian ada Tenseigan, mata yang satu ini merupakan Dojusu tingkat lanjut untuk Byakugan. Masih belum banyak informasi soal Tenseigan, tapi banyak fans yang yakin kalau Tenseigan ini sama kuatnya dengan Mangekyou Sharingan atau Eternal Mangekyou Sharingan.

Namun sayangnya pengguna Byakugan tidak bisa begitu saja membangkitkan Tenseigan, alias cuman Otsutsuki saja yang bisa membangkitkannya dan untuk membangkitkannya perlu transplantasi mata Byakugan.

5. Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan
Mangekyou Sharingan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Mata terkuat di Naruto dan Boruto selanjutnya yaitu Mangekyou Sharingan. Seperti yang kita ketahui Mangekyou Sharingan merupakan mata langka dari klan Uchiha, kenapa dianggap langka soalnya untuk membangkitkan Mangekyou Sharingan tidak mudah.

Pengguna Sharingan harus mengalami sesuatu yang membuatnya menderita sehingga mempengaruhi kehidupannya. Ketika pengguna Sharingan membangkitkan Mangekyou Sharingan, maka ia akan mendapatkan kekuatan yang unik.

6. Sharingan

Sharingan
Sharingan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Mata terkuat di Naruto dan Boruto berikutnya yaitu Sharingan. Mata yang satu ini berasal dari Kaguya Otsutsuki yang ia turunkan kepada Hagoromo, lalu Hagoromo turunkan kepada Indra dan Indra menurunkannya kepada klan Uchiha.

Nah untuk mendapatkan Sharingan, pengguna harus terlahir dari keluarga Uchiha atau mendapat transplantasi mata seperti Kakashi. Dengan mata Sharingan pengguna bisa melihat pergerakan lawan dengan cepat, sampai-sampai bisa meniru gerakannya.

7. Byakugan

Byakugan
Byakugan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Kemudian ada Byakugan, sama seperti Sharingan mata yang satu ini berasal dari Kaguya Otsutsuki yang ia turunkan kepada Hamura, lalu Hamura menurunkannya kepada klan Hyuga dan klan Otsutsuki yang ada di bulan.

Sama seperti Sharingan untuk mendapatkan mata ini, pengguna harus terlahir dari keluarga Hyuga atau mendapat transplantasi mata seperti AO. Dengan mata ini, pengguna bisa melihat aliran chakra target, bisa melihat jauh kedepan serta bisa melihat titik buta sehingga pengguna bisa mengantisipasi serangan dari berbagai arah.

8. Jougan

Jougan | mata terkuat di Naruto
Jougan|©Masashi Kishimoto, Pierrot

Terakhir adalah Jougan. Sampai saat ini mata milik Boruto ini masih misterius, masih menjadi misteri bagaimana ia mendapatkan Jougan dan apa kegunaan Jougan. Namun yang pasti Jougan ini bukan mata yang lemah.

Menurut informasi yang kami dapatkan, ada 2 kemampuan Jougan yang sudah terungkap, yaitu bisa melihat aliran chakra sama seperti Byakugan dan bisa melihat bisa melihat portal antar dimensi terbuka.


Demikianlah pembahasan soal Dojutsu atau mata terkuat di Naruto dan Boruto. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih dari daftar mata yang kita bahas, menurut kalian mana yang paling kuat? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment