[UPDATED: Jadwal Tayang Diumumkan] Mengapa Dragon Ball Super: Broly Tidak Tayang di Indonesia?

in ,
Mengapa Dragon Ball Super Broly Tidak Rilis Di Indoensia

Dragon Ball Z merupakan salah satu anime yang sudah sangat familiar bagi semua orang, terlebih orang Indonesia. Bagi kita DBZ itu teman masa kecil yang tidak bisa dilupakan. Saat animenya berlanjut ke Dragon Ball Super pun, banyak penggemar di Indonesia yang masih menontonnya.

Yap, turmanen antar galaksi memang sudah berakhir tapi Toei Animation dan koleganya telah membuat sebuah movie untuk Goku, Vegeta, serta Broly yang merupakan bangsa Saiyan legendaris. Tapi sayangnya, pecinta DBZ di Indonesia tidak bisa menyaksikan film tersebut. Dari kabar yang kami dapat film tersebut hanya rilis di 5 negara Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Singapore dan Filipina. Tidak ada nama Indonesia disitu.

Mengapa Dbs Broly Tidak Tayang Di Indonesia

Oleh sebab itu, Dafunda Otaku ingin mengungkapkan tentang mengapa Dragon Ball Super: Broly tidak tayang di Indonesia. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kami dan para orang yang mengaku otaku di Indonesia.


Indonesia di-blacklist oleh studio atau lisensor

Mengapa Dbs Broly Tidak Tayang Di Indonesai 2

Alasan paling masuk akal mengapa Dragon Ball Super: Broly tidak rilis di Indonesia adalah karena di-blacklist. Kenapa di-blacklist? Masih ingat tentang orang bodoh yang live IG di bioskop dengan alasan cuma ingin berbagi? Bahkan CGV Blitz sampai membuat surat terbuka tentang pembajakan tersebut.

Inti yang ingin kami utarakan di sini adalah, masih banyak otaku yang beranggapan anime bajakan itu sah-sah aja. Hal ini mungkin yang membuat pihak pembuat DBS Broly tidak ingin merilis film tersebut di Indonesia.

Pasti akan ada Otaku Indonesia yang mengatakan, “kan mereka ga mungkin rugi, filmnya rilis di mana-mana kok.” Ya, DBS Broly memang rilis hampir di 40 negara. Berbicara tentang kerugian, kami juga belum bisa mengungkapkannya karena film ini baru tayang selama dua hari.

Tapi yang jelas, pihak studio telah memikirkan matang-matang. Bukan hanya masalah rugi, mereka pasti memperhitungkan negara mana yang bisa menghasilkan keuntungan. Dan tentu Indonesia tidak masuk di dalam, kerena notabenenya lebih suka bajakan.


Distributor anime di Indonesia belum menetapkan tanggal rilis

Mengapa Dbs Broly Tidak Tayang Di Indonesai 3

Mari kita berharap kepada yang kedua ini. Alasan kedua mengapa Dragon Ball Broly tidak tayang di Indonesia karena distributor belum menetapkan tanggal rilisnya. Dari info yang kami dapat dari salah satu distributor anime Indonesia, mereka belum bisa memastikannya. Memang masih ambigu, tapi kami berpikir positif dan menganggap bahwa DBS Broly akan mendapat kesempatan di Indonesia.

Kami mengatakan seperti ini karena, sampai awal bulan Desember ini, masih ada anime movie yang tayang di jaringan bioskop Indonesia. Sebut saja Natsume Yujincho: Utsusemi ni Musubu yang tayang 26 November dan Kimi no Suizo wo Tabetai yang kemungkinan tayang akhir Desember tepatnya tanggal 26.

Tapi melihat rata-rata jadwal rilis diakhir Desember untuk negara Asia Tenggara. Indonesia tidak mungkin akan ketinggalan begitu jauh. Berdoa sajalah, Dragon Ball Super: Broly tayang di Indonesia.


Lihat gambar di bawah ini! Pecinta film mana yang tidak sakit hatinya jika film dengan rating 9.9 di IMDb tidak tayang di Indonesia. Artikel ini tidak mengatakan kami suci kalian penuh dosa. Tapi kami berharap setidaknya dukung anime (yang katanya dicintai para otaku indonesia) dengan cara menonton anime movie yang rilis di bioskop.

Mengapa Dbs Broly Tidak Tayang Di Indonesai Imdb

Kami tahu masih banyak pecinta anime yang berharap dan rela sedikit berkorban untuk dapat menonton anime yang disukainya. Terima kasih!

UPDATE! Dragon Ball Super: Broly sudah mendapatkan jadwal tayang resmi di bioskop Indonesia!

Ayo mulai berdiksusi