Anime genre psychological adalah sebuah genre dengan alur cerita yang kompleks dan lebih menekankan kondisi psikis/jiwa para tokoh anime dalam menghadapi masalah/konflik. Termasuk genre yang kurang banyak diminati orang karena ceritanya berbelit-belit, sulit dipahami, penuh teka-teki dan bernuansa gelap. Anda bisa saja pusing sehabis menonton anime bergenre ini, tapi ketika Anda paham jalan cerita dan misteri yang ada di dalamnya, ada rasa kepuasan tersendiri setelah menontonnya.

Tokoh utama bisa saja terkena depresi atau gangguan jiwa lainnya karena tidak kuat menghadapi tekanan. Anime psychological juga mengangkat tema permasalahan pelik yang ada di Jepang sana, seperti Hikikomori. rasa bersalah karena punya hubungan terlarang (e.g: Incest, gay or lesbi).

Genre psychological juga sering mempertanyakan eksistensi manusia, mengapa peperangan di dunia ini terjadi dan terus berlangsung, dan hal-hal kontroversial lainnya.

Berhubung genre psychological punya cerita yang cukup sukar dimengerti, alur cerita yang terkadang maju-mundur, melibatkan permainan pikiran, disertai dengan adegan yang menegangkan dan menyeramkan, genre ini sering disandingkan dengan genre thriller, horror, dan misteri. Genre ini disarankan untuk tidak ditonton oleh remaja tanggung atau dibawah usia 17 tahun. Berikut daftar anime psychological Terbaik menurut dafunda:

Anime psychological Terbaik Menurut Dafunda Otaku

1Boku Dake ga Inai Machi (Erased)

Sinopsis BokuMachi: Cerita ini mengikuti Satoru Fujinuma, seorang pemuda yang memiliki kemampuan untuk mengirim dirinya kembali ke waktu sebelum kejadian berbahaya terjadi sehingga memungkinkan dirinya untuk melakukan pencegahan. Saat ibunya dibunuh, kemampuan Satoru mengirim dirinya ke 18 tahun lalu, saat dia masih di sekolah dasar, memberinya kesempatan untuk mencegah penculikan berantai yang merenggut nyawa ketiga teman sekelasnya

2Mirai Nikki

Sinopsis Mirai Nikki: Mengisahkan hidup Amano Yukiteru, seorang hikikomori yang suka menulis diari. Dia selalu menulis kejadian yang dilihatnya dalam sebuah Handphone, hal ini membuatnya sulit mendapatkan teman. Satu-satunya teman yang ia miliki adalah Deus Ex  Machina, Imajinasi nya sebagai dewa ruang dan waktu.

Semuanya berubah ketika Deus Ex mengubah diari nya menjadi mesin pembaca masa depan, kemampuan itu membuat yuki lupa diri dan menggunakannya untuk berbuat curang atau terhindar dari masalah. yang tidak ia ketahui adalah kemampuan itu menuntun dia dalam sebuah pertarungan antara pemilik diari masa depan.

Karena hal ini pula dia bertemu dengan Yuno, perempuan yang ingin melindunginya dari pertarungan 12 peserta calon dewa. Yuno bersumpah untuk mengikutinya kemanapun dia pergi.

JANGAN LEWATKAN •
Trailer Perdana Ghost in the Shell, Mengungkap Masa Lalu Scarlett Johansson

3Elfen Lied

Elfen Lied bersetting di Kamakura dan Kanagawa, dan berfokus pada “Diclonius”, spesies yang baru hasil mutasi. mereka mirip dengan manusia, namun dengan beberapa perbedaan, yaitu tonjolan seperti tanduk di dahi dan kehadiran lengan tak terlihat telekinetik yang disebut “Vektor”. salah satu Diclonius bernama Lucy, adalah karakter utama dari seri ini. Ia menjadi bahan percobaan dalam sebuah fasilitas yang terletak di lepas pantai Kamakura, dia berhasil melarikan diri dan melampiaskan malapetaka, namun terluka dalam prosesnya, sebuah peristiwa yang menyebabkan dia membuat kepribadian baru berupa anak kecil yang dikenal sebagai Nyu.

Lucy ditemukan oleh dua penduduk setempat, Kohta, yang belajar di universitas setempat, dan sepupunya Yuka. Mereka membawanya masuk dalam keluarga dan terlibat dengan banyak kejadian, seringkali brutal. Tim Assault juga mencoba menangkap kembali Lucy dan salah seorang Diclonius yang kabur, apa yang akan terjadi selanjutnya?

4Higurashi no Naku Koro ni

Pada bulan Juni tahun 1983, terjadilah suatu peristiwa mengenaskan. Di sebuah kamar dalam kegelapan malam, seorang pemuda dengan tongkat baseball menghajar dua perempuan berseragam sekolah sampai mati. Tongkat tersebut dihantamkannya dengan sekuat tenaga berkali-kali ke kepala, tangan, dan kaki korban hingga bersimbah darah dan meremukkan tulang mereka. Selesai dengan korbannya, dengan napas terengah-engah, ia berdiri dengan wajah seram seperti kesetanan.

 

 

5Psycho-Pass

Plot Psycho-Pass berfokus pada Akane Tsunemori, seorang inspektur polisi baru di Unit Satu dari Divisi Investigasi Kriminal pada Biro Keselamatan Publik. Akane malu untuk menembak Shinya Kogami, seorang Penegak di bawah pengawasannya ketika ia menilai Kogami sebagai ancaman bagi kehidupan seorang kriminal yang ditahan. Kogami berterima kasih pada Akane atas campur tangannya pada hal yang menjadikan Kogami seorang pembunuh. Akane didampingi oleh inspektur veteran Nobuchika Ginoza, seorang pria yang tegas dalam mengawasi Penegak; Tomomi Masaoka, seorang Penegak setengah baya yang sebelumnya adalah seorang detektif; Shusei Kagari, seorang pemuda riang yang ditandai sebagai penjahat laten saat masa kanak-kanak; dan Yayoi Kunizuka, seorang mantan musisi yang berubah menjadi penjahat laten karena berhubungan dengan seorang teroris. Dalam penyelidikan awal Akane, kelompok mereka menyingkap kejahatan Makishima Shogo, seseorang yang mendalangi banyak kejahatan. Makishima adalah seorang Kriminal Asimtomatik (免罪体質 Menzai Taishitsu?). Ia selalu dinilai memiliki koefisien kejahatan yang rendah oleh Sistem Sybil, meskipun rencana dan aksi kejahatannya banyak. Koefisien kejahatannya yang rendah itu menjadikan Dominator tidak bekerja pada Makishima.

JANGAN LEWATKAN •
Klip Live Action Death Note Versi Netflix Mulai Menunjukan Ryuk Dan Light

Para Penegak dan Inspektur mulai memburu Makishima, yang bertujuan menghancurkan masyarakat yang diatur oleh Sistem Sibyl. Untuk itu, Makishima menimbulkan kerusuhan di kota untuk menarik polisi menjauh dari fasilitas Menara Nona milik Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, tempat Sibyl berada. Akane dan Kogami menghentikan pasukan Makishima, sementara Penegak Shūsei Kagari mengikuti salah satu sekutu Makishima ke menara tempat Kepala Biro Joshu Kasei membunuh sekutu Makishima dan Kagari untuk menjaga kerahasiaan bentuk Sibyl yang sebenarnya. Kasei memberitahu Makishima bahwa Sybil adalah suatu entitas yang terdiri atas individu-individu dengan asimtomatik yang serupa dan Kasei mengharapkan Makishima bergabung dengan sistem itu, tapi Makishima melarikan diri. Kogami, yang menyadari kebenaran di balik pelarian Makishima, meninggalkan kelompoknya untuk membunuh Makishima. Akane kemudian langsung dihubungi oleh sistem Sybil, yang memerintahkan Akane untuk menangkap Makishima hidup-hidup. Akane setuju melakukannya dengan syarat mereka membatalkan perintah mengeksekusi Kogami. Divisi Investigasi Kriminal mengetahui rencana Makishima yang akan melakukan bioterorisme untuk melemahkan ekonomi Jepang dan menghancurkan sistem, sehingga Makishima dan Kogami dicari. Kemudian, Makishima mencoba membunuh Ginoza, tapi Masaoka mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan Ginoza. Meskipun Akane telah berupaya, Kogami membunuh Makishima.

Di musim kedua, Akane menjadi pemimpin Unit Satu yang beranggotakan antara lain inspektur pendatang baru Mika Shimotsuki, Ginoza, yang diturunkan menjadi penegak, Yayoi dan dua orang penegak baru, Sakuya Togane dan Sho Hinakawa. Mereka menghadapi ancaman baru dalam bentuk Kirito Kamui, yang merupakan dalang kriminal lain. Seperti Makishima, Kamui bermaksud untuk menjatuhkan Sistem Sybil dengan memanfaatkan kelemahannya. Ia terampil dalam menghindari segala bentuk deteksi dan mampu membantu para pendukungnya untuk menjaga Koefisien Kejahatan mereka rendah. Hanya sedikit yang percaya bahwa Kamui benar-benar ada, termasuk Akane.

6Death Parade

Sinopsis Death parade: Kapan pun seseorang meninggal, mereka dikirim ke salah satu dari bar misterius yang dijalankan oleh bartender yang berfungsi sebagai arbiter. Di sana, mereka harus berpartisipasi dalam Game “Kematian” dengan kehidupan mereka sebagai taruhannya, hasilnya akan mengungkapkan rahasia apa yang menyebabkan mereka menghadapi situasi mereka dan nasib mereka nantinya, dengan para arbiter menilai apakah jiwa mereka dikirim untuk reinkarnasi atau dibuang.

7Kiseijuu

Sinopsis Kiseijuu / Parasyte: Bekisah tentang alien berbentuk cacing bernama Parasyte yang menyerang bumi dan mengambil alih otak manusia dengan masuk melalui telinga. Suatu malam, ketika remaja Shinichi Izumi yang tinggal bersama orang tuanya di lingkungan Tokyo, alien tersebut menyerang remaja itu yang sedang tidur, tetapi Shinichi sedang memakai headphone di telinganya alien tersebut tidak bisa masuk di telinga remaja itu, akan tetapi dia berhasil memasuki bagian tangan kanan remaja itu. Makhluk tersebut dinamai Migi yang berarti kanan. Mereka berdua saling berbagi kepribadian, yaitu melawan Parasyte yang lain untuk mencegah teror di lingkungan masyarakat.

JANGAN LEWATKAN •
Aneh, Live-Action Death Note Terbaru Rilis di Jepang?

8Death Note

Sinopsis Death Note: Mengisahkan tentang seorang siswa SMA terbaik se-Jepang bernama Light Yagami yang menemukan Death Note kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Light merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh manusia tidak berguna (penjahat), karena itu Light memutuskan untuk mengorbankan dirinya agar dunia menjadi lebih baik. Light membunuh para penjahat dengan julukan nama KIRA (Kira bandingkan dengan kata bahasa Inggris Killer), sayangnya Light menjadi tidak terkendali dan membunuh semua orang yang menghalanginya. Tidak butuh waktu lama nama KIRA mendunia. KIRA dikenal sebagai penjahat/pahlawan yang membuat para penjahat mati karena serangan jantung (Jika Light hanya menuliskan nama tanpa menuliskan detailnya maka orang-orang itu mati karena serangan jantung).

9Paranoia Agent (Mousou Dairinin)

Sinopsis Paranoia Agent: Seorang murid SD yang dijuluki “Shonen Bat” atau “Bocah Pemukul” terus menyerang orang-orang dengan pemukul baseballnya, pemukul itu berwarna emas. Lalu, dua detektif menyelidikinya agar mereka bisa menghentikan anak itu agar tak melakukan penyerangan lagi. Tapi mereka akan segera tahu bahwa… kasus ini lebih dari yang mereka bayangkan.

10Shinsekai Yori

Sinopsis Shinsekai Yori: Saki Watanabe tinggal di sebuah desa sederhana yang tertutup dari dunia luar. dunia itu di kuasai oleh orang yang memiliki kekuatan dewa (Juryoku) berupa Psychokinesis. setelah dia memperoleh kekuatan dewa juga, Saki mulai masuk di Akademi Sage (Zenjin) untuk berlatih bersama 5 orang temannya: Satoru Asahina, Maria Akizuki, Mamoru Itou, Shun Aonuma, and Reiko Amano.

Namun semuanya tidak seperti yang terlihat, karena di dalam desa yang merupakan Utopia semua orang terdapat gosip-gosip aneh mengenai kucing besar yang menculik anak-anak, dan beberapa siswa dari akademi kadang menghilang begitu saja. Dunia beserta sejarahnya yang ada terlihat begitu kelam dari apa yang sebenarnya terlihat dalam desa tersebat dan umat manusia sedang berada di ujung kehancuran.