Anime & MangaOtakuOtaku List

5 Serial Super Sentai Yang Tidak Diadaptasi Oleh Power Rangers

Super Sentai adalah salah satu franchise Tokusatsu yang berasal dari Jepang yang sampai hari ini masih mengudara di stasiun TV di negeri Sakura itu. Franchise yang juga dimiliki haknya oleh TOEI tersebut telah memiliki puluhan serial yang sudah ditayangkan sejak tahun 1975.

Super Sentai juga di kemudian hari dibeli hak siar dan propertinya oleh Haim Saban untuk memproduksi Sentai versi Amerika yang disebut Power Rangers. Adaptasi itu dimulai pada tahun 1995 dengan judul Mighty Morphin Power Rangers.

Dalam daftar kali ini, Dafunda akan mengulas lima serial Super Sentai yang belum pernah diadaptasikan menjadi Power Rangers.

Dan perlu dicatat, daftar ini tentu kami mulai sejak Mighty Morphin Power Rangers tayang. Jadi sentai sebelumnya tidak akan masuk dalam daftar ini. Tanpa menunggu lama lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Serial Super Sentai Yang Tidak Diadaptasi Oleh Power Rangers

1. Gosei Sentai Dairanger (1993)

Gosei Sentai Dairanger
Gosei Sentai Dairanger | TOEI Company

Sebentar, bukannya kostum dari Sentai ini digunakan pada season kedua dari Mighty Morphin Power Rangers? Memang, kostum dari Gosei Sentai Dairanger digunakan dalam season kedua serial tersebut.

Tapi sayangnya, kostum yang dipakai tetap tidak kami hitung sebagai adaptasi. Bahkan kostum yang dipakai dari Sentai yang tayang tahun 1993 tersebut hanya kostum Kibaranger (White Ranger) yang berguna sebagai bentuk upgrade Tommy (yang sebelumnya Green Ranger).

2. Ninja Sentai Kakuranger (1994)

Ninja Sentai Kakuranger
Ninja Sentai Kakuranger | TOEI Company

Ninja Sentai Kakuranger juga berbagi masalah yang sama dengan Gosei Sentai Dairanger. Akibat Saban yang sudah terlalu nyaman dengan kesuksesan Mighty Morphin membuat kostum sentainya hanya digunakan menjadi upgrade saja di season ketiganya.

Selain itu, alasan lain mengapa Kakuranger tidak dapat mereka adaptasikan karena implementasi cerita yang tidak relate dengan anak-anak dan remaja di US. Yang sebetulnya cukup ironis karena tema ninja akhirnya juga dipakai di serial Power Rangers setelahnya.

3. Ressha Sentai ToQger (2014)

Ressha Sentai ToQger
Ressha Sentai ToQger | TOEI Company

Jika dua sebelumnya masih dapat dikatakan memiliki nasib yang lebih baik, sayangnya tidak untuk serial yang satu ini. Serial yang tayang pada tahun 2014 tersebut dilewatkan oleh Saban dan lebih memilih mengadopsi Sentai setelahnya.

Alasan kuat mengapa serial ini dilewatkan oleh Saban adalah tema dan kostumnya yang tidak sesuai dengan gambaran US. Kereta bukanlah hal yang disukai anak-anak. Sementara di lokasi syuting Power Rangers juga tidak banyak jalur kereta yang digunakan.

4. Uchu Sentai Kyuranger (2017)

Uchu Sentai Kyuranger
Uchu Sentai Kyuranger | TOEI Company

Serial yang bertema luar angkasa ini sebetulnya sangat cocok untuk diadaptasikan menjadi Power Rangers. Mengingat tema luar angkasa dan alien sudah sering menjadi formula tetap pada adaptasi Sentai yang mereka pilih.

Sayangnya, Kyuranger gagal diadaptasi dan Adaptasi Power Rangers selanjutnya memilih Tokumei Sentai Go-Busters. Kami berasumsi jika Kyuranger tidak diadaptasikan karena jumlah anggotanya yang cukup banyak. Sehingga Power Rangers kurang berani bertindak.

5. Kaitou Sentai Lupinranger vs Keisatsu Sentai Patranger (2018)

Lupinranger vs Patranger | TOEI Company
Lupinranger vs Patranger | TOEI Company

Sebetulnya, serial yang satu ini memiliki konsep yang cukup menarik. Dimana pasukan Sentai memiliki dua kubu yang berseberangan. Yaitu kubu polisi dan kubu pencuri. Namun sekali lagi, Power Rangers enggan mengadaptasi serial yang satu ini karena berbagai macam hal.

Pertama, tema sentai ini sama sekali tidak cocok bila diaplikasikan kepada penonton di Amerika. Kedua, Power Rangers sejatinya adalah pasukan penyelamat bumi dari serangan monster. Bukan berseteru dengan pasukan lainnya seperti pada serial Sentai yang satu ini.


Nah, itulah tadi kelima serial Super Sentai yang sama sekali tidak dan mungkin belum diadaptasi menjadi Power Rangers. Semoga dengan berjalannya waktu, serial-serial tersebut mampu diadaptasikan ke Power Rangers, ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment