7 Tren Teknologi Terbesar Pada Tahun 2020

in ,
Tren Teknologi Masa Depan
Tren Teknologi Masa Depan | youtube.com

Tahun 2020 bakal menjadi tahun dimana semua teknologi bakal muncul. Mulai dari kecerdasan kognitif, in-memory-computing, komputasi fault-tolerant hingga perkembangan industri IoT.

Salah satu Alibaba DAMO Academy sudah melakukan riset global dibawah naungan Alibaba Group bahkan telah memprediksi soal kemunculan teknologi tren masa depan. Mulai dari desain chip modular hingga AI yang dapat diandalkan untuk melindungi privasi.

Kini banyak dari penggiat teknologi yang sedang membuat inovasi, sehingga setiap produk dari teknologi tersebut dapat lebih mudah diakses untuk bisnis serta masyarakat pada umumnya.

Nah kamu sudah tahu belum apa-apa saja dari tren teknologi terbesar pada tahun 2020 bahkan untuk masa depan nanti? jika belum tahu, yuk simak terus ulasan berikut ini.

7 Tren Teknologi Terbesar Tahun 2020

Ketujuh tren teknologi terbesar tahun 2020 di bawah ini ada sebagian teknologi yang sudah digunakan oleh sebagian wilayah. Namun hanya saja belum merata digunakan oleh semua orang di dunia. Apa-apa saja tren teknologi terbesar 2020 itu?

1. Jaringan data 5G

Teknologi Jaringan 5G
Teknologi jaringan 5G | allileggii.com

Konektivitas internet seluler generasi ke-5 akan memberi kita kecepatan unduh dan unggah super cepat serta koneksi yang lebih stabil. Sementara jaringan data seluler 5G menjadi tersedia untuk pertama kalinya pada tahun 2019. Sebagian besar masih mahal dan terbatas untuk berfungsi di daerah terbatas atau kota besar.

2020 kemungkinan akan menjadi tahun ketika 5G benar-benar mulai terbang. dengan paket data yang lebih terjangkau serta cakupan yang sangat ditingkatkan, yang berarti bahwa setiap orang dapat merasakan teknologi tersebut.

Jaringan data super cepat tidak hanya akan memberi kita kemampuan untuk melakukan streaming film dan musik dengan kualitas yang lebih tinggi. Kecepatan yang meningkat pesat berarti bahwa jaringan seluler bakal dapat diandalkan. Bahkan lebih baik dibandingkan dengan jaringan kabel yang memasuki rumah dan bisnis kita.

JANGAN LEWATKAN •
Bingung Printer Mudah dan Kekinian? RPS Punya Solusinya

Perusahaan harus mempertimbangkan implikasi bisnis dari memiliki akses internet super cepat dan stabil di mana saja. Peningkatan bandwidth akan memungkinkan mesin, robot, dan kendaraan otonom untuk mengumpulkan dan mentransfer lebih banyak data dari sebelumnya. Sehingga bakal mengarah pada kemajuan di bidang Internet of Things (IoT) dan mesin pintar.

2. Extended Reality

Virtual Augmented Reality
Extended Reality | Youtube.com

Extended Reality (XR) adalah istilah umum yang mencakup beberapa teknologi baru dan berkembang yang digunakan untuk menciptakan pengalaman digital yang lebih mendalam.

Lebih khususnya ini merujuk pada realitas virtual, augmented, dan campuran lainnya. Virtual reality (VR) memberikan pengalaman immersive sepenuhnya digital. Dimana kamu memasuki dunia komputer dengan menggunakan headset yang memadukan dunia nyata.

3. Teknologi Blockchain

Teknologi Blockchain
Blockchain | Youtube.com

Blockchain adalah tren teknologi 2020 yang cukup menjanjikan untuk urusan finansial masa depan. Dimana pada dasarnya Blockchain digunakan untuk mencatat transaksi dalam buku digital yang sudah terjamin keamanannya. Karena sistem sudah terenskripsi dan terdesentraliasai.

JANGAN LEWATKAN •
Penyandang Gelar Sarjana Ilmu Komputer Terancam dengan Kecerdasan Buatan

Namun di tahun 2019 lalu ada yang berpendapat jika teknologi ini terlalu berlebihan. Bahkan ada juga yang beranggapan tren teknologi masa depan seperti ini tidak berguna.

Namun saat ini investasi berkelanjutan untuk perusahaan-perusahaan besar seperti FedEx, IBM, Walmart dan Mastercard sudah mulai menggunakan layanan tersebut.

Di tahun 2020 kita bakal melihat peluncuran crypto berbasis blockchain Facebook sendiri saat ini Libra, yang akan membuat cukup menggegerkan.

4. Artificial Intelligence (AI)

Teknologi Ai
Teknologi Artificial Intelligence (AI) | Twitter.com

Kecerdasan Buatan (AI) adalah salah satu evolusi teknologi paling transformatif di zaman kita. Sebagian besar perusahaan telah mulai mengeksplorasi bagaimana mereka dapat menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Serta merampingkan operasi bisnis mereka.

Ini akan berlanjut pada tahun 2020, dan sementara orang akan semakin terbiasa bekerja bersama AI,merancang dan menggunakan sistem berbasis AI.

Saat ini, platform-platform ini, yang disediakan oleh orang-orang seperti Amazon, Google, dan Microsoft, cenderung bakal memerlukan teknologi seperti ini untuk menjalankan tugas-tugas spesifik.

JANGAN LEWATKAN •
Kamu Tahu Gak Kepanjangan Google? Nih 20 Kepanjangan Istilah IT yang Harus Diketahui

Selama tahun 2020, kita akan melihat adopsi yang lebih luas dan semakin banyak penyedia yang cenderung mulai menawarkan aplikasi dan layanan yang lebih khusus untuk tugas-tugas khusus. Ini berarti tidak ada perusahaan yang memiliki alasan untuk tidak menggunakan AI.

5. Mengemudi otonom

Tren Teknologi Masa Depan
Mengemudi otonom | youtube.com

Kepala Tesla Elon Musk mengatakan dia mengharapkan perusahaannya untuk menciptakan kendaraan otonom yang benar-benar “lengkap” pada tahun ini. dan jumlah kendaraan yang mampu beroperasi dengan tingkat otonom. Seperti pengereman otomatis dan pengubahan jalur secara otomatis.

6. Teknologi perawatan kesehatan prediktif

Teknologi Medis Masa Depan
teknologi medis masa depan | Twitter.com

Teknologi saat ini mengubah layanan kesehatan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Cara kerjanya adalah dengan mengambil data dari perangkat yang dipakai seperti smartwatches. Nantinya alat tersebut bakal menganalisis penyakit dari seseorang dan bakal memberikan solusi terbaik.

Meskipun bukan ide baru, berkat terobosan baru-baru ini dalam teknologi, terutama di bidang genomik dan AI. Kita bakal diberikan pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana tubuh orang yang berbeda lebih baik atau lebih buruk dalam melawan penyakit tertentu. Serta bagaimana mereka cenderung bereaksi terhadap berbagai jenis obat atau perawatan.

JANGAN LEWATKAN •
Ini Dia 4 Inovasi Teknologi Yang Sukses Dalam Dunia Sepak Bola

Sepanjang tahun 2020 kita akan melihat aplikasi baru perawatan kesehatan  prediktif dan pengenalan perawatan yang lebih personal dan efektif untuk memastikan hasil yang lebih baik untuk masing-masing pasien.

7. Computer Vision

Computer Vision
Computer Vision | altantec.ch

Teknologi ini memungkinkan smartphone mampu mengekstrak informasi dari gambar yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Di tahun 2020 ini kita bakal melihat betapa bergunanya teknologi ini dalam mengendalikan komputer seperti halnya Apple FaceID. Serta bandara Dubai yang kini menggunakan teknologi tersebut untuk melayani pelanggan supaya lancar.

Itulah 7 tren teknologi yang bakal kita temukan di tahun 2020. Jika kamu sudah menikmati dari salah satu teknologi di atas, jangan lupa bagikan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan jika kamu suka