Operator Telekomunikasi Indosat Ooredoo hari ini secara resmi memperkenalkan layanan internet kabel (Fixed Broadband) untuk pengguna rumahan bernama “GIG“. layanan ini di harapkan bisa membuat kompetensi dan mengalahkan dominasi IndiHome dari Telkom Indonesia.

Lalu apa yang membuat GIG layak di jadikan pesaing yang tidak boleh di remehkan? karena Gig ini menggunakan teknologi Fiber Optik (Fiber to the Home, FTTH) yang memiliki kecepatan akses Internet sangat tinggi. Mencapai 1 GB per detik, baik untuk download maupun upload.

Dan lebih hebatnya lagi, Operator yang baru – baru ini mengubah namanya menjadi Indosat Ooredoo ini menjanjikan tidak akan memberlakukan kuota atau FUP (Fair usage Policy). Dengan kata lain, layanan ini Unlimited.

JANGAN LEWATKAN
Di Anggap Menipu Pelanggan, IndiHome dari Telkom Indonesia kena Petisi Online

Mengenai harga, Gig di tawarkan dalam beberapa paket tarif, mulai dari yang terendah Rp 250.000 hngga Rp 5,5 Juta rupiah perbulannya. Perbedaan harga ini didasarkan kepada kecepatan akses yang berbeda. yaitu dari 5 Mbps hingga 1 Gbps.

Fakta menariknya adalah layanan Gig ini sudah mulai aktif sejak kuartal kedua tahun lalu, namun peresmiannya sendiri baru di lakukan hari ini.

“Dalam waktu 9 bulan sejak pertama beroperasi itu, kami sudah berhasil mengumpulkan 100 ribu pelanggan,” sebut Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn, saat berbicara di panggung acara.

Sayangnya, Layanan dari Indosat Ooredoo ini baru di sediakan untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung. Namun Gokarn memberikan informasi bahwa pihaknya akan melakukan ekspanse ke kota – kota lain dalam  waktu dekat. Kota yang di maksud adalah Surabaya, Yogyakarta, Makasar, dan Bali.

“Hingga akhir 2016, mungkin kami akan menambah jangkauan ke 10 hingga 20 kota lagi,” katanya.

dan ternyata layanan Gig ini juga bekerja sama dengan Google dengan menyediakan Paket Bundling Google di dalam layanannya untuk pelanggan Gig.

JANGAN LEWATKAN
Di Anggap Menipu Pelanggan, IndiHome dari Telkom Indonesia kena Petisi Online

Paket bundling yang di maksud adalah akses untuk Dongle Google Chromecast untuk keperluan Video Streaming, seperti Youtube dari Ponsel Ke TV, juga laptop memalalui browser Google chrome.

“Chromecast untuk pertamakalinya dipasarkan di Indonesia melalui kemitraan dengan Indosat ini. Begitu juga dengan Chromebook,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami.

Selain itu aja juga kelebihan lain yang di tawarkan, yaitu penyimpanan gratis hingga sebesar 50 GB di layanan cloud Storage Google Drive. Sebagai catatan, untuk pengguna drive biasa hanya di berikan 15 Gb gratis selamanya.

Pertanyaannya, Benarkah Gig benar – benar bisa melakukan serangan telah untuk layanan fiber optik yang sama? yaitu IndiHome yang telah benar – benar menguasai pasar ini? saya rasa segala kemungkinan masih terjadi. Asalkan Indosat Ooredoo memberikan pelayanan yang baik dan secara konsisten melakukan ekspansi keseluruh wilayah indonesia. Mungkin saja hal ini bisa terjadi, Bagaimana menurut kamu? jangan lupa berikan jawaban melalui kolom komentar.

JANGAN LEWATKAN
Di Anggap Menipu Pelanggan, IndiHome dari Telkom Indonesia kena Petisi Online

Image: Liputan 6

 

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.