Apa Itu FYP yang Sering Digunakan di TikTok? Ini Jawabannya!

in ,
Apa Itu Fyp Di Tiktok
Apa Itu Fyp Di Tiktok | nene.com.ua

Kali ini Dafunda Tekno bakal membahas apa itu FYP di TikTok, barangkali ada yang belum tahu nih. Layanan berbagi video singkat atau TikTok memiliki istilah yang unik dalam kamus para penggunanya. Salah satunya adalah FYP nama istilah yang sering digunakan.

Walaupun sempat menjadi cemoohan para netizen di Indonesia, namun kini TikTok menjadi layanan media sosial yang berbasis video pendek banyak digunakan. Jika kamu pengguna Instagram, tentu sering menjumpai video TikTok yang viral kan?

Aplikasi berbagi video pendek ini di tahun 2019 lalu mampu mengumpulkan setidaknya lebih dari 738 juta unduhan baru. Sehingga unduhan saat ini secara keseluruhan sudah mencapai lebih dari 1,65 miliar kali unduhan.

Sebagai pengguna baru yang termasuk ke dalam angka 738 juta tersebut, mungkin Dafunda Tekno sendiri masih sering bertanya-tanya soal fitur di TikTok. Termasuk istilah di TikTok seperti apa itu FYP yang sering digunakan di layanan tersebut.

Apa Itu FYP di TikTok?

Apa itu FYP yang sering dipakai di aplikasi TikTok? mari kita ulas satu per satu mulai dari kepanjangan kata istilah tersebut. Menurut hasil pencarian Dafunda Tekno dari beberapa sumber, FYP ini sepertinya lebih merujuk ke frasa For You Page.

For You Page itu adalah halaman utama dari TikTok yang menampilkan konten saat kamu membuka pertama kali apikasinya. Halaman tersebut berisi beberapa video rekomendasi yang sudah disesuaikan menurut ketertarikan penggunanya.

Kumpulan video yang tampil di halaman itu bukan video asal-asalan atau secara acak (random). The Verge menyebutkan jika video video tersebut adalah hasil dari riset akurasi yang dilakukan oleh pihak TikTok sendiri.

Namun dalam proses eksplorasi terhadap For You Page, Dafunda Tekno juga belum mendapat jawaban yang tepat soal bagaimana cara supaya video-video yang kita buat itu masuk ke dalam halaman tersebut.

Pengaruh Tagar FYP Saat Membuat Konten di TikTok

Tetapi jika dilihat kesimpulan dari halaman Vice, TikTok saat ini menggunakan algoritma misterius dalam membuat akurasi video-‎video tersebut. Pengguna yang menggunakan tagar fyp, baik itu #foryou atau #foryoupage seperti tidak menjamin videonya bakal dimuat di halaman tersebut.

Namun Dafunda Tekno yakin jika akurasi yang dilakukan oleh TikTok ini mirip-mirip seperti yang dilakukan di halaman Explore Instagram. Selama video kamu itu bagus, keren, menarik dan sesuai dengan ketertarikan pengguna lain. Maka video tersebut bakal terlihat di halaman For You milik pengguna yang bersangkutan.

Ada beberapa orang lainnya mengaitkan FYP itu dengan Fixed Your Post seperti yang digunakan di Twitter. Tetapi jika melihat secara mendasar mungkin agak sulit untuk membetulkan setiap konten di TikTok. Tetapi menurut Dafunda Tekno istilah FYP di sini bukan merujuk ke Fixed Your Post.

Untuk sementara ini, mungkin hanya ini informasi yang bisa Dafunda Tekno bagikan soal apa itu FYP yang biasa digunakan di TikTok. Jika kamu ada informasi lainnya soal FYP. Atau informasi bagaimana cara supaya video kita semua tampil di FYP? jangan lupa bagikan di kolom komentar ya guys!