Baterai Ponsel Cepat Habis, Aplikasi Google Ini Salah Satu Penyebabnya dan Cara Solusinya!

in ,
Cara Mengatasi Baterai Ponsel Boros

Tentu kamu pernah melihat Google Play Service yang bisa dibilang adalah pusat layanan Google. Aplikasi ini bertugas untuk mengatur fitur-fitur ponsel seperti GPS, push notification, hingga proses background. Namun, aplikasi ini ternyata juga bisa membuat baterai ponsel boros.

Ada sebuah bug yang berada di Google Play Service versi 18.2.82 yang ditemukan belakangan ini membuat baterai menjadi boros. Bug itulah yang menyebabkan daya baterai tetap terpakai walaupun perangkat lagi tidak digunakan atau dalam mode stand by.

Karena masalahnya terjadi di Google Play Service, tentu hal ini harus diatasi agar tidak berdampak buruk ke perangkat Android. Bug baterai boros ini pun menjadi menyebar ke versi Android dan ponsel dari aneka vendor.

Cara Cek Penggunaan Baterai Boros di Android

Nah untuk melihat apakah ponsel kamu juga terkena dampaknya bisa dengan cara membuka menu ‘Settings’ kemudian buka menu baterai lalu pilih opsi ‘Show full device usage’ di ikon tiga titik di bagian kanan atas.

Lalu kamu akan temukan aplikasi mana yang paling banyak konsumsi baterai, seperti yang terlihat dari tangkapan gambar dalam twitter di bawah ini.

Jika Google Play Service ini berada di urutan tiga besar dengan konsumsi baterai belasan atau puluhan persen, maka kemungkinan besar aplikasi ini sedang bermasalah di ponsel kamu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Belum ada solusi yang jelas terkait masalah ini. Namun ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan salah satunya membersihkan cache serta storage Google Play Store di menu aplikasi di dalam ‘Settings’ Android.

Atau kamu juga bisa melakukan downgrade aplikasi Google Play Service ke versi sebelum 18.3.82 yang bermasalah. Nanti jika sudah ada versi terbaru akan diperbarui secara otomatis oleh ponsel.

Cara Mengetahui Versi Aplikasi Google Play Service

Nah bagi yang ingin mengetahui versi Google Play Service yang sudah terpasang, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka pengaturan atau ‘Settings’ di ponsel Android

    Lalu pilih Apps

  2. Lalu cari aplikasi Google Play Service

    Dan buka klik pada aplikasi tersebut

  3. Selanjutnya scroll ke bawah paling ujung

    Kamu bisa melihat nomor atau versi Google Play Service di ponsel Android

Jika terlihat versi 18.3.82 dan tidak bermasalah di baterai ponsel yang kamu gunakan, maka tidak perlu dilakukan cara di atas. Namun jika memang benar kamu merasa jika Google Play Store membuat baterai ponsel boros, maka kamu bisa melakukan downgrade dan menghapus cache seperti cara di atas.

Ayo mulai berdiksusi