Oppo Buat Aplikasi Chatting Tidak Butuh Pulsa, Internet, dan Bluetooth

in ,
Aplikasi Pesan Instan Gratis Tanpa Butuh Pulsa

Tidak bisa dipungkiri lagi jika kini revolusi komunikasi pesan teks semakin banyak terjadi perubahan. Jika sebelumnya SMS adalah sebuah layanan komunikasi yang memiliki peran penting, kini fungsinya sudah tergantikan oleh beberapa aplikasi pesan instan terbaik yang mengandalkan jaringan internet sebagai pengganti dari pulsa.

Salah satu vendor smartphone asal China ternyata tidak mau kalah untuk memberikan inovasi. Mereka kali ini akan memperkenalkan MeshTalk.

Apa itu MeshTalk?

MeshTalk adalah layanan pesan instan yang tidak membutuhkan pulsa, paket data internet, WiFi bahkan Bluetooth sekalipun untuk mengirim pesan.

MeshTalk ini bisa digunakan untuk memuat pesan berupa teks, suara, hingga melakukan panggilan telepon dengan sesama pengguna ponsel Oppo. Lalu bagaimana kerjanya bisa terkoneksi antara pengguna?

MeshTalk merupakan layanan yang sudah terdensentralisasi dengan menggunakan sistem end-to-end. Ia sudah memiliki sinyal yang ditanamkan di dalam perangkat.

Oppo Ciptakan Aplikasi Chatting yang Tidak Butuh Pulsa, Paket Data, WiFi dan Bluetooth

Sinyal tersebut bisa menghasilkan area lokal secara ad hoc supaya bisa terhubung antara ponsel Oppo hingga jarak tiga kilometer. Oppo juga mengklaim layanan tersebut tidak banyak berdampak ke usia baterai.

Oppo juga mengatakan aplikasi MeshTalk ini tetap bisa digunakan walaupun daya sudah mulai kritis.

Aplikasi chatting tanpa pulsa yang dibuat oleh Oppo ini belum siap sepenuhnya. Oppo masih terus memperbaiki beberapa hal seperti masalah konsumsi daya baterai dan kekuatan sinyal. Belum diketahui juga pastinya kapan aplikasi ini dirilis.

Selain itu Oppo juga tidak menjelaskan mengenai spesifikasi ponsel yang bisa menggunakan aplikasi MeshTalk tersebut.

Tinggalkan Balasan