Asteroid dengan Ketinggian Burj Khalifa Akan Sambari Bumi

in ,
Jarak Asteroid Dengan Bumi

Sebuah asteroid berukuran rakasasa yang diperkirakan hampir menyamai seperti salah satu bangunan tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa bakal menghampiri Bumi kurang dari satu bulan lagi.

Pihak NASA menyebutkan asteroid tersebut bernama 2000 QW7 yang terbilang gemuk dengan diameter 290 hingga 650 meter. Hanya sedikit lebih pendek dibandingkan dengan tinggi Burj Khalifa 828 meter.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Live Science, asteroid itu dianggap sangat besar, dua kali lebih tinggi dari Empire State Building dan akan menyapa Bumi pada 14 September.

Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) mengatakan 2000 QW7 ini melaju dengan cepat, yakni 23.100 kilometer per jam. Namun tidak perlu dikhawatirkan, meskipun dianggap dekat dengan Bumi, namun jarak asteroid dengan Bumi lumayan aman yaitu sekitar 5,3 juta kilometer.

Hampir serupa dengan Bumi, asteroid itu mengorbit Matahari. Hanya sesekali saja asteroid mendekat dengan planet ini, terakhir pada 1 September 2000.

JANGAN LEWATKAN •
Pengakuan Astronot Muslim Tentang Bumi Bulat Dan Datar, Bisakah Perdebatan Berhenti?

NASA beserta lembaga antariksa lainnya belakangan ini makin mawas dalam mengamati asteroid. Pasalnya diperkirakan di masa yang akan datang bakal ada yang akan menghantam Bumi seperti yang pernah terjadi di masa lalu.

Dengan begitu teknologi untuk mempertahankan asteroid mulai dipercanggih. US National Science and Technology Council telah meluncurkan rancangan National Near-Earth Object Preparedness Strategy and Action Plan. Berguna untuk mengontrol ke 10 tahun ke depan dalam menangkal bahaya dari asteroid.

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.