Bahaya di Balik #AgeChallenge Aplikasi Wajah Tua

in ,
Bahaya Aplikasi Faceapp

Aplikasi FaceApp pernah viral beberapa tahun lalu, dan kini aplikasi ini mulai digunakan oleh banyak pengguna smartphone. Bahkan ada yang membuat tantangan lewat tagar #AgeChallenge, termasuk orang Indonesia juga ikut.

FaceApp merupakan aplikasi yang bisa mengubah foto wajah dalam beberapa efek. Salah satu efek yang paling disukai dan banyak digunakan adalah wajah tua atau muda.

Meski aplikasi ini sangat asyik, pengguna tetap harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Karena Aplikasi FaceApp bisa saja menyebar, menyimpan bahkan menjual secara komersil foto tersebut meski sudah dihapus.

Mungkin itu sudah bisa dilihat dari bagian persetujuan dan ketentuan menggunakan aplikasi FaceApp. Bagian tersebut memang sangat jarang orang membacanya dan kebanyakan pengguna smartphone langsung menekan tombol agree.

Terlihat di bagian user content, FaceApp menyebutkan di dalam keterangannya ‘Kamu bisa memiliki semua hak konten. Lalu FaceApp tidak bisa klaim kepemilikan terhadap konten pengguna yang diunggah melalui layanan’.

JANGAN LEWATKAN •
Facebook Bakal Mengubah Nama WhatsApp dan Instagram Kedepan

Mungkin dari yang kalian lihat di atas seolah-olah pengembang aplikasi FaceApp melindungi konten-konten pemilik atau pengguna. Namun coba perhatikan kalimat “kecuali untuk lisensi yang kamu berikan di bawah ini” itu yang tertulis di awal ketentuan.

“Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, mempublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda”. 

“Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya.” 

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Apple Insider , Jadi jika kamu menggunakan aplikasi FaceApp, berarti kamu sepenuhnya memberikan hak atas foto yang kamu hasilkan lewat aplikasi kepada developer.

JANGAN LEWATKAN •
Daftar 400 Perusahaan Terbesar di Dunia yang Boikot Facebook

Lalu jika sudah memiliki hak penuh atas foto-foto kamu maka FaceApp sudah berhak untuk melakukan untuk kepentingan mereka termasuk menyebarkan dan menggunakan untuk kebutuhan komersial. Tanpa harus meminta izin lagi kepada kamu dan memberikan kompensasi.


Bagi yang sudah menggunakan aplikasi FaceApp, apakah kamu merasa aneh selama menggunakan aplikasi tersebut? Jika ada bagikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini.