Begini Cara Gamer Bisa Dapat Uang dari Facebook Gaming

in ,
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Gaming
Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Gaming | rexus.id

Facebook baru saja meluncurkan aplikasi khusus untuk para gamer yang bernama Facbook Gaming. Mirip seperti layanan Twitch, Mixer dan YouTube Gaming, Facebook Gaming merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk bermain game. Serta nantinya bakal ada tayangan langsung secara live streaming.

Nah yang menarik dari platform Facebook Gaming bisa dapat dimonetasi. Artinya Facebook Gaming nantinya bakal menjadi sarana bagi para gamer untuk mencari uang. Bukan hanya sekedar untuk main game dan menyiarkan tayangan secara langsung, tapi juga bisa menghasilkan uang dari Facebook gaming.

Dari mana uang yang bakal didapat dari Facebook Gaming?

Terdapat tiga sumber pendapatan yang didapat oleh para konten kreator game di Facebook Gaming yaitu dari iklan (ads), stars (mata uang ‘Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

Seperti halnya di YouTube, kreator video game di Facebook Gaming juga bisa memonetasi konten mereka untuk menaruh iklan.

Kerennya lagi, iklan tersebut dijanjikan tidak akan mengganggu saat melakukan live streaming. Pasalnya iklan hanya muncul di bagian jendela pemutar video secara terpisah dengan jendela utama yang dipakai untuk live streaming.

Lalu para konten kreator game dapat menukarkan ‘Stars’ yang mereka dapat dan diuangkan.

Harga Stars Di Facebook Gaming 1
Harga Stars Di Facebook Gaming |kompas.com

Seperti yang diketahui, Stars ini adalah ‘mata uang’ milik Facebook Gaming. Pengguna bisa membeli Stars di harga paling murah yaitu Rp 8.000 (25 Stars).

Selanjuntya mereka yang memberikan Stars kepada kreator konten game saat melakukan tayangan live streaming berlangsung.

“Fans juga bisa memberikan Stars serta komentar kepada kreator konten seperti memberikan dukungan dan semangat” ungkap Head of Southeast Asia, APAC Games Partnership, Michael Rose di dalam video conference yang diadakan Facebook 8/5/2020.

Selain itu para gamer atau kreator gaming bisa mendapatkan uang dari layanan berlangganan di Facebook Gaming. Jadi para kreator konten harus mengaktifkan fitur fan support (subscriptions) di Facebook Gaming supaya para pengikut (followers) dapat berlangganan.

Dari situlah para follower nanti bakal membayar sejumlah uang untuk bisa berlangganan dan menikmati seluruh konten spesial yang disediakan kreator konten gaming.

Tahap Menggunakan Facebook Gaming

Nanti ada tiga jenis pengguna di Facebook Gaming mulai dari Beginner, Level Up dan Partner.

Pengguna pemula (beginner) adalah mereka yang menggunakan akun Facebook pribadi. Mereka dapat melakukan live streaming secara langsung dari aplikasi Facebook Gaming, namun tidak mendapatkan uang.

Untuk mendapatkan uang dari Facebook Gaming, mereka perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke dalam program Level UP supaya bisa menjadi kreator konten. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan ini. Syarat dan ketentuan berlaku seperti yang telah diterapkan oleh Facebook.

Apabila para pengguna di Level Up ini berkembang drastis atau sudah memiliki penggemar yang banyak. Maka mereka bakal dirilik untuk menjadi mitra atau Partner oleh Facebook.

Bagikan jika kamu suka