Jika Kamu bertanya bagaimana cara cek driver yang belum terinstall di Windows ? mungkin artikel ini adalah yang tepat buat mengatasi masalah yang sedang Kamu hadapi sekarang ini.

Sebagian orang masih banyak tidak tahu bagaimana cara cek driver yang belum terinstall baik itu di PC atau Laptop yang dimilikinya. Disamping masalah tersebut, orang sangat awam mengenai adanya software driver. Jika tanpa software driver maka secara otomatis komputer tidak bisa menggunakan daya perangkat keras yang ada di komputer tersebut.

Kenapa demikian ? karena software driver sangat memiliki peran penting bagi kelangsungan kinerja setiap komputer. Dan pada dasarnya setiap produsen komputer atau laptop pasti akan menyediakan CD/DVD yang berisikan software driver komputer yang sesuai dengan tipe dan merek.

JANGAN LEWATKAN
Cara Menghapus Virus Adware yang Menyebalkan dengan Mudah

Penyebab dari software driver hilang dan harus di Install kembali diantaranya :

  • Selesai Install ulang windows. Hal yang kerap terjadi kehilangan software driver adalah setelah komputer atau laptop Kamu baru terinstal . Karena sistem operasi dalam keadaan baru, maka jika Kamu pastinya harus memasang (instal) software driver baru pada komputer.
  • Bisa jadi karena terjadi nya uninstall driver yang tidak sengaja. Hal tersebut menyebabkan Kamu diharuskan untuk menginstal software driver kembali.
  • Ketidak kecocokan software driver dengan perangkat keras komputer Kamu.

Sehingga jika software driver tidak terinstall, maka komputer tidak bisa berjalan dengan dengan optimal terhadap perangkat keras yang ada di komputer. Dan pada umumnya kehilangan driver itu terjadi karena proses install ulang, karena bisa jadi ada driver yang terlewatkan untuk di install.

JANGAN LEWATKAN
Cara Mencegah Siapapun (Termasuk Malware) Mengambil ScreenShot Di Laptop/PC Kamu

Nah yang akan #DafundaTekno bahas kali ini adalah cara cek driver yang belum terinstall di Windows baik itu Windows 7,8,8.1 dan Windows 10. Cara yang #DafundaTekno berikan ini sangatlah sederhana, Kamu hanya cukup mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek Driver yang Belum Terpasang (Installed) di Windows

Pastikan Kamu saat ini ingin cek driver yang belum terinstal seperti sistem operasi yang sudah #DafundaTekno sebutkan diatas, yaitu Windows 7,8,8.1 dan 10. Jika Kamu menggunakan Windows Xp mungkin caranya agak berbeda. Yang perlu Kamu perhatikan disini adalah, kali ini kami mencoba cek driver di windows 10, Nah jika sudah siap ! ikuti langkah berikut ini tanpa ada yang ketinggalan langkahnya.

  • Buka File Explorer dengan cara seperti biasanya Kamu membuka file explorer pada umumnya. Atau cara cepatnya dengan menekan keyboard WIN + E.
JANGAN LEWATKAN
Gunakan 4 Cara Ini Untuk Menghapus Aplikasi di Windows 10

cara cek driver windows

  • Jika sudah muncul File Explorer, sekarang klik kanan pada This PC kemudian pilih Manage.

cara cek driver windows

  • Pada jendela baru Computer Management, lihat pada menu bagian kiri klik Device Management.

cara cek driver windows

  • ada berbagai jenis software driver yang terpasang pada komputer atau laptop. Jika terdeteksi driver yang belum terinstal, maka akan ditandai dengan tanda seru dengan warna kuning (!).

cara cek driver windows

Sangat mudah bukan? begitulah cara mengetahui/cek driver yang belum terinstal di Windows. Jadi sekarang jika ada driver yang belum terinstall di Windows, Kamu tentunya sudah tahu, dan jika ada salah satu driver belum terinstall sekarang sudah bisa ditambahkan. Bagi pengguna Acer yang ingin menambahkan driver bisa melihat Cara Download dan Instal Driver Acer Laptop / PC / Komputer Model Apa Saja.

JANGAN LEWATKAN
Windows 10 Versi Khusus Diberikan Oleh Microsoft Untuk Pemerintah Cina

Jika ada yang kurang Kamu pahami dengan langkah-langkah diatas, silahkan ditanyakan melalui kolom komentar dibawah ini, terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.