Cara Mengatasi Kartu SD tidak Terbaca di HP ASUS Zenfone

in ,
Cara Mengatasi Kartu Sd Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Kartu SD tidak Terbaca | os-helper.ru

Dafunda TeknoBerikut adalah cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Asus Zenfone.

Menggunakan kartu memori eksternal atau tambahan adalah salah solusi untuk setiap smartphone yang ingin memiliki media penyimpanan yang besar.

Karena kartu memori internal tidak dapat di upgrade maka memori eksternal setidaknya menjadi tempat sebagai penampung data tambahan seperti gambar atau video. Data-data tersebut saja sudah cukup menghabiskan ruang memori di smartphone kamu.

Masalah terkait memori penyipmanan ekternal juga sering kita temui. Seperti tiba-tiba membuat pengguna bingung sampai berhari-hari.

Nah ada salah satu seorang yang bertanya kepada Dafunda Tekno mengenai cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Asus Zenfone. Semoga dengan artikel ini, dapat menjawab keluhan dari pengguna tersebut dan pengguna lainnya.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Asus Zenfone

Sebelum ke pembahasan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Asus tersebut, kamu sudah tahu belum apa itu kartu SD? Kartu SD atau disebut dengan Secure Digital adalah jenis penyimpanan eksternal jenis memori flash. Kartu memori ini sendiri lebih aman dibandingkan jenis lain seperti MMC (Multimedia Card).

Namun sebagian smartphone sekarang sudah menggunakan kartu SD yang memiliki ukuran micro atau biasa disebut dengan microSD.

Sama seperti jenis perangkat keras penyimpanan lainnya, microSD juga tidak luput dari masalah-masalah yang umum seperti kartu microSD tidak terbaca atau tidak mendukung.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika kartu SD tidak terbaca? perlukan cara khusus untuk mengatasi masalah seperti ini di HP Zenfone? atau cara lain yang cepat adalah dengan membeli kartu SD baru?

Tidak ada cara khsusu untuk mengatasi masalah seperti ini di smartphone Zenfone. Namun kamu sebelumnya harus tahu dulu apa penyebab dari masalah kartu SD tidak terbaca.

Langkah untuk Mengatasi Kartu SD tidak Terbaca

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencoba mengambil kartu SD yang berada di smartphone lain untuk memastikan kartu SD itu memang sudah rusak atau belum.

Coba ambil kartu SD milik dari smartphone lain, bisa pinjam milik teman atau sodara kamu. Apabila memang tidak terbaca di smartphone, bisa jadi adalah yang salah di soket kartu SD smartphone yang kamu gunakan.

Langkah awal yang perlu kamu coba adalah memperbarui sistem operasi dan software terlebih dahulu. Siapa tahu masalah ini hanya dikarenakan bug dari software yang kamu gunakan. Jika belum berhasil maka jalan satu-satunya adalah dengan membawa smartphone ke tempat servis terdekat.

Namun jika memang kartu SD juga tidak terbaca di smartphone lain, bersihkan plat konektor kartu SD terlebih dahulu dengan menggosong konektor berwarna kuning dengan penghapus pensil.

Apabila masih belum berhasil, maka perbaiki kartu SD adalah solusi selanjutnya. Kamu dapat mencoba cara memperbaiki kartu SD yang disebabkan oleh data korup atau masalah seperti yang disampaikan oleh Lifeware di laman berikut ini.

Langkah terakhir yang dapat kamu coba adalah menggunakan kartu SD milik teman terlebih dahulu sebelum membeli yang baru.


Itulah cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP apa saja. Jika kamu punya pertanyaan seputar kasus di atas, jangan segan-segan untuk meninggalkan komentar di bawah ini.