Cara Mengatasi Spam SMS Chat-V Supaya Data Ponsel Kamu Tidak Dicuri

in ,
Cara Mengatasi Sms Chat V
Cara Mengatasi Sms Chat V | hurriyet.com.tr

Sekarang zamannya smartphone sudah menjadi salah satu perangkat yang dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari komunikasi dengan rekan kerja hingga orang yang jauh sekalipun.

Artinya sekarang mata kita sudah hampir selalu melihat layar smartphone. Disamping banyak hal yang kita lakukan di smartphone seperti membalas atau menerima SMS, teleponan, chatting, eksis di media sosial hingga belajar juga di smartphone.

Nah sekalipun smartphone menjadi perangkat utama dalam kehidupan sehari-hati kita. Namun kita tidak boleh lengah dan harus berhati-hati terhadap kejahatan yang sering dituju untuk pengguna smartphone. Beberapa waktu lalu sering munculnya jenis penipuan baru dalam bentuk spam atau dikenal SMS Chat-V.

Cara Mengatasi spam SMS Chat-V

SMS yang awalan Chat-V ini dikirimkan kepada pengguna smartphone isinya adalah tautan. Jika kamu mengklik di tautan tersebut, maka aplikasi berbahaya akan terinstall di smartphone yang kamu gunakan.

Lalu aplikasi berbahaya yang terinstall tersebut secara diam-diam mencuri data di ponsel penggunanya. Untuk mengatasi spam SMS Chat-V, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) telah memberikan beberapa tips sebagai berikut.

Tetap Waspada SMS yang Masuk

Jika ponsel kamu ada SMS dengan notifikasi dan tautan yang tidak dikenal, maka sebaiknya diabaikan saja dan hapus SMS tersebut. Bahkan sekalipun nomor tersebut tepercaya, disarankan untuk tidak membuka tautan SMS. Karena ini bisa saja jebakan berupa spam SMS alih-alih dari modus kejahatan yang lebih rapi.

Pakai Aplikasi Anti Malware atau Anti Virus

Apabila kamu sudah terlanjur menekan tautan yang ada di dalam SMS Chat-V itu, maka sebaiknya pasang aplikasi antivirus atau anti malware yang terpercaya.

Jika kamu bingung mau pilih mana aplikasi keamanan yang bagus untuk mengatasi spam SMS Chat-V ini. Kamu bisa mencoba aplikasi Malwarebytes yang telah disarankan oleh SAFEnet.

Dengan adanya aplikasi antivirus di smartphone, nanti virus atau malware yang terdeteksi bakal dikarantina dan dihapus dari smartphone oleh aplikasi Malwarebytes.

Melakukan Factory Reset

Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik awal adalah salah satu solusi untuk mengatasi SMS Chat-V. Dalam kasus ini kamu sudah menekan tautan dari spam SMS Chat-V tersebut, namun belum sempat menginstall anti malware atau anti virus sama sekali.

Namun yang perlu kamu ingat saat melakukan Factory Reset, maka semua data yang terdapat di dalam smartphone kamu bakal hilang semuanya. Dengan begitu, sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya backup semua data kamu terlebih dahulu ke smartphone lain atau ke tempat cloud yang kamu punya.

Bagi yang pernah menjadi korban SMS Chat-V atau pernah membuka tautan dari SMS yang tidak dikenal tersebut, maka sebaiknya langsung mencoba salah satu cara di atas tersebut.