Apakah Kamu salah seorang yang suka edit video, atau suka koleksi video ? seperti Anime, Hollywood, atau film aksi. Bingung jika kapasitas hardisk mulai penuh, ditambah film favorit terbaru tahun ini ukuran yang terlalu besar videonya ? Nah kali ini DafundaTekno akan membagikan cara mengecilkan ukuran video dengan bantuan software HandBrake.

Software yang kita gunakan kali ini dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran video yang bersifat Open Source yakni gratis. HandBrake ini software encoder video dapat mengecilkan ukuran video namun tidak sama sekali mengurangi kualitas dari video aslinya. Cara penggunaan software ini juga sangat gampang, tampilan awal dengan user friendly akan memudahkan Kamu saat melakukan pengecilan ukuran video. Bagi yang masih bingung cara penggunaan software HandBrake, berikut ulasan lengkapnya.

JANGAN LEWATKAN
Walaupun Video Youtube Dicuri, Kreator Masih Tetap Dapat Penghasilan

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video Aslinya

  • Sediakan software HandBrake-nya, jika belum punya langsung download disini. Caranya cukup klik pada tombol download dibawah ini.
HanBrake for PC DOWNLOAD
Aplikasi bisa diunduh langsung dari Google Drive. Jika terjadi kerusakan terhadap file-nya segera laporkan, melalui kolom komentar.
  • Dibawah ini Kamu dapat melihat ukuran video awal sebesar 164 MB. Jadi video inilah yang akan kita perkecil ukurannya.

cara mengecilkan ukuran video

  • Jika aplikasi sudah di download, install seperti biasa. Lalu buka aplikasi HandBrake akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

cara mengecilkan ukuran video

  • Kemudian, klik Source-File, lalu akan muncul kolom dialog untuk memilih video. Kamu dapat memilih video yang ingin diperkecil ukuran nya, dengan cara klik Open.
JANGAN LEWATKAN
Ini Cewek Asik Rekaman Video di Tengah Malam, eh Endingnya Malah Mengerikan

cara mengecilkan ukuran video

  • Nah pada tab Video, Kamu dapat mengatur gambarnya. Pada Content QualityDafundaTekno menggunakan 27. Namun bagi Kamu yang pertama kali mencoba sebaiknya menggunakan 20 saja.

cara mengecilkan ukuran video

  • Pada bagian Destination, Kamu dapat mengatur penyimpanan output sesuai yang diinginkan.
  • Jika sudah, klik Start, lalu tunggu sampai proses encode-nya selesai ( lama atau cepat, tergantung ukuran besar atau kecil).

cara mengecilkan ukuran video

  • Kemudian akan tampak tulisan Queue Finished, bertandakan bahwa proses encode sudah selesai.
  • Kamu dapat melihat hasil video encoder yang sudah dicoba dibawah ini. Dimana kolom merah masih ukuran aslinya, sedangkan kolom biru sudah dilakukan proses encode. Dari ukuran 164 MB sekarang menjadi 53 MB.
JANGAN LEWATKAN
Facebook bisa Mengenali Wajah dalam Video, Bahkan Bisa memberikan Tanda otomatis (Tag)

cara mengecilkan ukuran video

Namun yang perlu diingat disini, video yang ingin di encode tergantung jenis video. Bisa saja saat dilakukan proses diatas tadi video malah membesar bukan mengecil. Jadi tidak semua video yang dapat di encode secara leluasa.

Itulah cara mengecilkan ukuran video dengan mudah menggunakan bantuan software HandBrake. Jika ada langkah yang terlewatkan, jangan lupa berikan masukan melalui kolom komentar dibawah ini.

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...