TeknoTips

Cara Mengganti Password Akun Tokopedia dan Tips Pengamanan Lainnya

Baru-baru ini sejumlah data pengguna Tokopedia dinyatakan bocor bahkan dijual ke forum online. Dari sejumlah informasi, pribadi pengguna tersebut meliputi seperti nama akun, alamat e-mail, sampai nomor telepon. Sehingga informasi pengguna tersebut dapat dimanfaatkan oleh hacker.

Nah menyangkut hal tersebut, pihak Tokopedia telah mengaku memang ada pencurian atas data akun di platform miliknya. Para pengguna juga diimbau untuk mengganti password demi menjaga keamanan.

Cara Mengganti Kata Sandi Akun Tokopedia

Cara mengganti kata sandi Tokopedia cukuplah gampang. langkah pertama, terlebih dahulu kamu harus membuka situs atau aplikasi Tokopedia dan masuk (login) dengan akun kamu.

Selajutnya klik tab ‘Akun‘ yang berada di sebelah pojok kanan bawah apliaksi kemudian klik ‘Pengaturan’. Dan pilih menu ‘Akun‘ lalu klik menu ‘Kata Sandi‘. Setelah itu masukkan kata sandi laman dan baru di kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol ‘Simpan‘.

Cara Mengganti Password Tokopedia
Cara Mengganti Password Tokopedia | kompas.com

Bagi yang menginginkan keamanan tambahan, kamu bisa menambahkan enam digit PIN Tokopedia dengan cara klik menu ‘PIN Tokopedia‘ di tampilan ‘Atur Akun‘. Lalu PIN yang sudah dibuat akan kamu gunakan setiap melakukan transaksi di Tokopedia.

Selected for you
Hasil Bocoran Data 91 Juta Pengguna Tokopedia Kini Beredar Melalui Link di Facebook

Di samping itu, kamu juga dapat menghapus rekening bank jika pernah didaftarkan di Tokopedia dengan cara klik ‘Akun Bank’ pada menu ‘Atur Akun‘. Nanti bakal terlihat akun bank dan pilih nomor rekening yang terdaftar dan klik pada tombol ‘Hapus‘.

Mengaktifkan fitur two-factor authentication (2FA)

Apabila menurutmu masih kurang, kamu dapat menggunakan fitur keamanan ekstra lain yaitu verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA).

Saat fitur ini aktif, maka kamu diharuskan untuk memasukkan enam digit kode yang dikirimkan secara acak dan berskala dari sistem.

Tokopedia kini telah mengandalkan aplikasi Google Authenticator untuk bisa menggunakan 2FA. Pengguna juga perlu menggunakan aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Aplikasi Google Authenticator ini dapat diunduh lewat tautan ini untuk pengguna Android dan di tautan ini untuk pengguna iOS.

Selected for you
Akhirnya Hacker Penakluk WannaCry Dibebaskan Setelah Dipenjara 2 Tahun

Setelah memasang Google Authenticator, selanjutnya buka situs Tokopedia di desktop atau di PC/laptop. Klik di menu ‘Pengaturan‘ melalui ikon avatar atau foto profil kamu di bagian pojok kanan atas.

Cara Mengaktifkan Google Authenticator Tokopedia
Cara Mengaktifkan Google Authenticator Tokopedia | kompas.com

Pilih tab ‘Google Authenticator’ dan klik pada tombol ‘Aktifkan Google Authenticator‘ yang bisa kamu temukan saat scroll atau gulir ke bawah.

Tunggu beberapa saat nanti bakal terlihat tampilan sebuah kode QR dan 16 digit kode aktivasi. Lalu masukkan enam digit kode otentikasi.

Untuk mengetahui kodenya, buka aplikasi Google Authenticator yang sudah kamu download dan pasang di smartphone. Kamu dapat mengandalkan kode aktivasi jika kamera smartphone kamu gagal memindai kode.

Menggunakan Aplikasi Google Authenticator
Menggunakan Aplikasi Google Authenticator | kompas.com

Apabila Google Authenticator berhasil memindai kode, selanjutnya klik tombol ‘Add Account‘ dan masukkan enam digit kode yang dihasilkan pada kolom ‘Kode Autentikasi’ pada halaman Tokopedia. Langkah terakhir klik tombol ‘Verifikasi’.

Selected for you
Mau jadi Hacker? Buka 7 Situs Belajar hacking Secara gratis ini

Apabila sudah selesai, nanti kamu diminta untuk memasukkan enam digit kode yang terlihat di aplikasi Google Authenticator jika sudah masuk ke akun Tokopedia di perangkat baru.

Cara menghapus alat pembayaran

Selain mengubah kata sandi Tokopedia dan menambahkan fitur 2FA, kamu juga dapat menghapus alat pembayaran yang sudah terdaftar di akun termasuk kartu kredit dan juga kartu debit. Hal tersebut untuk mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan.

Cara menghapus alat pembayar di Tokopedia, langkah pertama buka opsi ‘Pembayaran‘ di menu ‘Pengaturan‘ dan pilih metode pembayaran yang biasa digunakan, seperti Ovo.

Cara Menghapus Ovo Di Tokopedia
Cara Menghapus Ovo Di Tokopedia | kompas.com

Lalu kunjungi halaman ‘Pengaturan Akun‘ dan klik di ikon ‘bergerigi‘. Selanjutnya klik pada tombol ‘Stop Hubungkan Akun‘. Kemudian, akun Ovo kamu bakal dihapus dan tidak dapat lagi terhubung dengan akun Tokopedia.

Itulah cara mengganti password di Tokopedia, menggunakan google authenticator di Tokopedia dan menghapus pembayaran.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications