Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Koneksi Internet Alias Offline

in ,
Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet
Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet | reddit.com

Walaupun sedang tidak memiliki jaringan internet yang memadai, Google Maps kini sudah bisa digunakan oleh pengguna smartphone. Layanan milik Google ini sudah memiliki fitur yang bernama Offline Maps.

Berkat fitur ini, kamu bisa menjelajahi kemana saja tanpa perlu khawatir tersesat. Hal tersebut karena Google Maps kini dapat dipakai untuk menelusuri atau mengarahkan kamu ke tempat tujuan. Sekalipun saat itu smarphone kamu tidak terhubung dengan internet.

Namun untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengunduh terlebih dahulu area lokasi yang bakal dikunjungi. Lalu kamu juga bisa memilih area berdasarkan kota, kabupaten, provinsi hingga negara sekalipun.

Dalam memastikan memori yang digunakan cukup supaya data-data yang diuduh tidak terhapus. Langkah pertama adalah kamu bisa mengunduh area di layanan Google Map dengan mengatur lokasi penyimpanan petanya.

Cara Menggunakan Google Maps Offline

Time needed: 5 minutes.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 7 Trik Aplikasi Google Tersembunyi Yang Jarang Orang Tahu

Pastikan tempat atau lokasi penyimpanan peta Google Maps ditempatkan di dalam memori internal smartphone. Kamu dapat mengubahnya ke memori eksternal lewat menu (ikon hamburger di bagian pojok kiri atas). Selengkapnya kamu bisa ikuti tutorial cara menggunakan Google Maps offline berikut di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone kamu

    Ubah tempat penyimpanan ke memori eksternal melalui menu (ikon hamburger) yang berada di bagian pojok kiri atas. Kemudian pilih opsi Offline maps.
    Cara Menggunakan Google Maps Offline (1)

  2. Mengatur menu Offline maps

    Pada halaman Offline maps pilih ikon pengaturan (roda gigi) di bagian atas halaman.
    Cara Menggunakan Google Maps Offline (2)

  3. Atur penyimpanan Google maps

    Selanjutnya ubahlah pada bagian Storage preferences ke SD Card dengan mengetuknya.
    Cara Menggunakan Google Maps Offline (3)

  4. Unduh Area

    Jika sudah mengubah lokasi penyimpanan ke memori eksternal. Selanjutnya kembali ke halaman utama aplikasi Google Maps untuk mengunduh area yang diperlukan.

    Ketikkan nama area yang ingin disimpan melalui kolom pencarian dan tekan Enter. Kamu bisa melihat contohnya di bawah ini.
    Cara Menggunakan Google Maps Offline (4)

  5. Download Peta di Googe Maps

    Apabila sudah kamu temukan area yang ingin kamu download. Untuk melanjutkan ke proses selanjutnya pilih opsi DOWNLOAD.
    Cara Menggunakan Google Maps Offline

JANGAN LEWATKAN •
6 Fakta YouTube Menarik yang Jarang Diketahui Orang

Supaya proses pengunduhan peta di Google Maps lancar, pastikan kamu mengunduhnya menggunakan koneksi WiFi atau operator yang memiliki koneksi yang cepat. Jika sudah berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet seperti biasanya.

Itulah cara menggunakan Google Maps offline yang mudah. Jika kamu punya cara lain, jangan lupa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini ya.