Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone dan di PC/Laptop

in ,
Cara Menggunakan Google Meet
Cara Menggunakan Google Meet | treat.tier3.xyz

Google Meet adalah salah satu aplikasi dari banyaknya aplikasi telekonferensi. Aplikasi ini mampu menampung sekitar 100 orang di dalam satu sesi rapat virtual. Ngomong-ngomong, sudah tahu belum cara menggunakan Google Meet di smartphone atau di laptop/PC? bagi yang belum tahu caranya, yuk langsung saja simak berikut ulasan lengkapnya.

Nah menariknya, pengguna bisa menikmati layanan Meet ini secara gratis baik itu melalui aplikasi desktop (PC/laptop) atau juga di mobile (smartphone).

Cara Menggunakan Google Meet di Smartphone atau PC/laptop

Syarat untuk menggunakan Google Meet ini juga mudah. Dimana kamu cukup memiliki sebuah akun Google. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Meet sebagai layanan video telekonferensi milik Google untuk melaksanakan rapat?

Cara menggunakan Google Meet di smartphone atau ponsel

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Kali ini Dafunda Tekno bakal kasih tahu kamu cara menggunakan Google Meet di smartphone atau di PC/laptop. Nah untuk yang pertama kali kita akan membahas yang di smartphone terlebih dahulu.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mengatasi Google Drive Penuh (Full) dengan Cermat, Tidak perlu Beli Ruang
  1. Unduh atau download aplikasi Google Meet

    Aplikasi Google Meet untuk smartphone Android bisa kamu download melalui tautan atau link ini. Sedangkan pengguna ponsel iOS bisa mengunduh melalui tautan ini.
    Download Google Meet Terbaru

  2. Buka aplikasi Google Meet

    Setelah di unduh dan terpasang, sekarang buka aplikasi Meet dan login dengan menggunakan akun Google. Setelah itu pengguna bakal melihat tampilan utama Meet.
    Cara Menggunakan Google Meet Di Smartphone Atau Ponsel (1)

  3. Pilihan menu di Google Meet pada smartphone

    Pada halaman utama tadi pengguna bisa melihat tiga tab, yaitu participant, message dan information. Jika kamu tap pada tab participant, kamu bisa melihat siapa saja yang hadir dalam rapat. Tab message untuk mengirim pesan teks, tab information untuk melihat tautan di ruangan (serta kode meeting) yang dapat dibagikan kepada calon peserta.
    Cara Menggunakan Google Meet Di Smartphone Atau Ponsel (3)

  4. Masukkan kode meeting

    Bagi yang ingin bergabung dalam ruangan virtual yang sudah dibuat, kamu cukup memasukkan kode meeting di tombol ‘Meeting code’. Kode meeting bisa kamu dapat dari pemilik ruangan (host).
    Cara Menggunakan Google Meet Di Smartphone Atau Ponsel (2)

JANGAN LEWATKAN •
Cara Menghapus Serta Mengubah Akun Gmail di HP Android

Itulah tutorial cara menggunakan Google Meet di smartphoen. Nah selanjutnya cara yang menggunakan Meet di PC/laptop.

Cara menggunakan Google Meet di Laptop/PC

Berbeda dengan cara di smartphone, pengguna PC atau laptop sudah bisa menikmati layanan milik google ini tanpa harus memasang aplikasi.

Caranya bagaimana? kamu cukup mengakses situs meet.google.com melalui browser atau peramban. Lalu masuk ke layanan Meet dengan menggunakan akun Google masing-masing.

Setelah itu kamu bakal melihat tampilan layanan Meet versi desktop. Pada tampilan tersebut, klik pada tombol ‘Start a meeting‘ untuk membuat ruangan virtual baru dan izinkan Meet untuk mengakses mikrofon dan kamera.

Setelah itu, klik pada tombol ‘Join now’ untuk beralih ke ruangan virtual yang sudah dibuat sebelumnya oleh host atau pemilik ruangan.

Cara Menggunakan Google Meet Di Laptop Atau Pc
Cara Menggunakan Google Meet Di Laptop Atau Pc | kompas.com

Pada tampilan utama, kamu bisa mengundang peserta melalui akun Google, mengirim pesan ke partisipan yang telah hadir. Lalu bisa juga membagikan layar atau slide persentasi yang sudah dibuat, membagikan tautan ruangan rapat dan lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Melalui Aplikasi Lookout, Google Bantu Tuna Netra Untuk Melihat Dunia

Itulah tutorial cara menggunakan Google Meet di smartphone atau di PC/laptop. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa dibagikan kepada teman kamu. Supaya teman kamu juga tahu cara menggunakan layanan Google satu ini.