4 Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy Note 10 yang Mudah

in , ,
Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 10

Sekarang mengambil Screenshot atau tangkapan layar sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, dan fitur satu ini memang sudah wajib untuk setiap smartphone.

Begitu juga dengan Samsung Galaxy Note 10 dan 10 Plus, smartphone flagship asal Korea Selatan ini yang sudah cukup dikenal brand nya.

Kamu sudah memiliki ponsel Samsung ini namun belum tahu cara screenshot Samsung Galaxy Note 10? Tenang, kali ini Dafunda Tekno akan membagikan 4 cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Yuk langsung saja simak berikut ulasannya.

BACA JUGA:

Samsung Galaxy Note 10 ini sudah memiliki banyak cara untuk mengambiil screenshot dan kemudian nya kamu bisa mengedit atau menyimpannya.

Lalu berapa banyak cara screenshot Samsung Galaxy Note 10 dan 10 Plus ini? Berdasarkan pengalaman Dafunda Tekno, Galaxy Note 10 dan 10 Plus ini sudah ada empat cara screenshot yaitu sebagai berikut.

  • Dengan menggunakan Tombol Fisik seperti perangkat Android lainnya
  • Mengandalkan S-pen khas Samsung Galaxy Note
  • Dengan menggunakan asisten virtual Bixby
  • Dengan menekan Palm Swipe untuk mengambil screenshot

Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 10 dan 10 Plus

Berikut ini adalah cara screenshot Samsung Galaxy Note 10 dan 10 Plus berdasarkan 4 metode yang sudah Dafunda Tekno sebutkan di atas.

1. Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 10 dengan Menggunakan Tombol Fisik

Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy Note 10

Cara yang pertama ini adalah paling umum digunakan dan dan paling mudah. Seperti kebanyakan ponsel Android lainnya, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus ini tersedia tombol fisik. Tombol fisik itulah yang akan digunakan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pilihlah layar yang ingin diambil screenshot atau tangkapan layar
  • Tekan tombol (Volume Down/bawah) dan tombol (Power) secara bersamaan selama 1 detik.
  • Jika layar smartphone tersebut sudah berkedip, maka tangkapan layar sudah terambil. Tangkapan layar atau hasil screenshot tersebut akan muncul di bagian layar sementara.

Yang perlu diperhatikan adalah saat menekan tombol Power tidak perlu terlalu lama. Karena jika terlalu lama, akan mengarah ke menu Power ON/OFF/Restart.


2. Screenshot dengan Mengandalkan S-PEN

Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy Note 10

S-PEN adalah salah satu ciri khas dari Samsung Galaxy Seri Note dan sudah dibekali berbagai kemampuan yang canggih. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Caranya nya sebagai berikut:

  • Pilih layar yang ingin di screenshot atau tangkapan layar.
  • Keluarkan S-PEN dan menu ‘Air Command’ akan muncul secara otomatis.
  • Lalu pakai S-PEN untuk menyentuh (Screen Write) di menu ‘ Air Command’ tersebut.
  • Jika layar smartphone terlihat berkedip, berarti tangkapan layar atau screenshot sudah berhasil kamu lakukan
  • Kamu juga bisa edit hasil screenshot tersebut jika dibutuhkan.
  • Jika tidak ingin di edit hasil tersebut, kamu tinggal klik Save untuk menyimpannya.

3. Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus dengan Bixby (Asissten Virtual Samsung Galaxy)

Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 10 Dan Note 10 Plus Dengan Bixby

Kamu pengguna smartphone sudah tahu apa itu Bixby bukan? Bixby adalah asisten virtual pintar yang sudah disematkan oleh Samsung pada setiap perangkatnya.

Kita dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil screenshot di HP Samsung. Kamu bisa mengikuti cara mengambil screenshot dengan Bixby di Hp Samsung berikut ini.

  • Pilih layar yang ingin kamu ambil screenshot atau tangkapan layarnya.
  • Lalu tekan tombol Power dalam beberapa detik untuk memanggil Bixby atau mengaktifkan dengan cara memanggil ‘Hey Bixby‘.
  • Setelah Bixby muncul, maka ucapkan ‘take a screenshot‘.
  • Jika sudah, screenshot atau tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di dalam Galeri Hp Samsung kamu.

4. Mengambil Screenshot dengan Palm Swipe

Cara Ambil Screenshot Samsung Galaxy Note 10 Dan Note 10 Plus

Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus terakhir adalah dengan cara menggunakan Palm Swipe (menyapu telapak tangan). Penasaran bagaimana caranya? simak berikut langkah-langkahnya.

  • Pilih layar yang ingin di jadikan screenshot atau tangkapan layar
  • Tempatkan telapak tangan kamu secara vertikal di sepanjang tepi kiri atau tepi kanan Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.
  • Lalu geserlah telapak tangan kamu dari sisi tepi kiri ke tepi kanan dengan menyentuh layar. Atau sebaliknya bisa kamu lakukan.
  • Jika layar smartphone sudah berkedip, itu tandanya kamu sudah berhasil mengambil screenshot di Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

Apabila cara screenshot Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus menggunakan metode Palm Swipe ini tidak berhasil kamu bisa cek di pengaturannya.

Masuk ke menu Settings lalu tap pada Advanced featuresMotions and gestures – lalu aktifkan Palm Swipe to capture.


Itulah beberapa cara screenshot Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus yang bisa kamu lakukan. Kamu tentu bisa memilih dari ke empat cara tersebut mana yang paling mudah dan nyaman digunakan.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, yuk bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu lainnya yang menggunakan Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10. Terimakasih sudah berkunjung ke Dafunda Tekno. Jangan lupa ikuti artikel menarik lainnya di sini.

Ayo mulai berdiksusi