Cara Supaya Foto di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

in ,
Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis
Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis | m.perfil.com

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting cukup populer saat ini. Alasan kenapa banyak suka menggunakan aplikasi pesan instan satu ini adalah karena memiliki tampilan simple dan sifatnya mudah digunakan.

Hampir setiap orang diseluruh dunia sudah menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi secara tidak langsung dengan orang lain. Untuk saling berkirim pesan, menelepon, bahkan saling berkirim gambar.

Namun sejumlah pengguna WhatsApp tidak menyadari jika ponsel mereka penuh karena foto dan video dari WhatsApp tersimpan otomatis. Sehingga membuat ponsel kurang menjadi optimal ketika digunakan.

Inilah Cara Supaya Foto di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

Tutorial cara foto di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri berguna supaya memori ponsel kamu tidak penuh dengan foto yang diterima dari WhatsApp. Trik sederhana ini membuat HP kamu lebih ringan.

Supaya gambar atau foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel. Maka ada langkah khusus yang harus kamu ikuti. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan mudah dilakukan. Tidak membutuhkan aplikasi lain atau harus melakukan root ponsel Android terlebih dahulu.

Cara mengatur foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri

Salah satu aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia, WhatsApp berusaha semaksimal mungkin untuk mempermudah pengguna dalam memanfaatkan fitur simpan gambar otomatis.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, kamu nanti tidak perlu repot lagi untuk scroll riwayat percakapan untuk mencari gambar yang ingin kamu buka. Namun kadangkala pengaturan ini tidak selalu cocok untuk semua pengguna.

Supaya foto WhatsApp tidak masuk ke galeri secara otomatis, maka kamu harus mengubah pengaturan internal di aplikasi WhatsApp yang sedang kamu gunakan sekarang.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara ini bisa digunakan untuk versi WhatsApp yang terinstall di ponsel Android kamu. Cara supaya gambar WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri dapat kamu lihat berikut di bawah ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone

    Setelah aplikasi sudah terbuka, tap di ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar. Lalu pilih menu Setelan dan menuju ke menu utama.
    Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis (4)

  2. Menu Penggunaan Data

    Nanti pada menu setelan WhatsApp, pilih menu Penggunaan Data dan Penyimpanan. Setelah itu lihat pada menu Unduh Otomatis Media untuk langkah selanjutnya.
    Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis (1)

  3. Mengatur penyimpanan saat menggunakan paket data.

    Pilihlah menu Saat Menggunakan Data Seluler. Nah di sini terdapat empat jenis file yang biasanya akan tersimpan secara otomatis. Nanti pastikan untuk tidak mencentang semua.
    Jika tidak mencentang semua, maka kamu sudah mengubah setelah penyimpanan otomatis di WhatsApp. Foto dan video yang dikirim tidak lagi tersimpan secara otomatis saat kamu menggunakan data seluler.
    Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis (3)

  4. Saat menggunakan jaringan WiFi

    Pastikan kamu melakukan hal yang sama saat tersambung dengan WiFi dan juga saat Roaming. Pastikan tidak menceklis jenis file apapun.
    Cara Supaya Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis (2)

Dengan begini, sekarang smartphone kamu tidak lagi bakal menyimpan foto, video dan dokumen lainnya secara otomatis pada saat situasi apapun.

Itulah cara mudah mengatur foto dan video di WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis. Sehingga ponsel kamu sekarang sudah bisa lebih hemat memori. Otomatis kinerja dari smartphone menjadi lebih ringan.

Jangan lupa gunakan juga fitur dark mode di WhatsApp. Karena fitur tersebut selain membuat mata nyaman, juga bisa menghemat daya baterai di smartphone.

Bagikan jika kamu suka