Instagram Hadirkan Fitur Anti Bully, Begini Cara Menggunakannya!

in ,
Fitur Baru Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial berbagi foto dan video yang sangat populer saat ini. Sudah tahu belum? Instagram akan hadirkan fitur bernama Batasi (Restrict) yang berguna untuk melindungi penggunanya dari komentar bersifat negatif di Instagram.

“Bullying adalah masalah yang cukup kompleks dan kami tahu bagi remaja yang berhadapan dengan masalah ini di dunia maya kadang merasa sungkan untuk melaporkan. Fitur Batasi ini dibuat untuk membatasi interaksi yang bersifat negatif di Instagram tanpa perlu diketahui oleh orang tersebut.” Begitulah yang dikatakan oleh juru bicara Instagram dalam keterangannya.

Jika fitur Batasi ini diaktifkan, maka komentar dari orang yang sudah kamu batasi akan secara otomatis hanya bisa dilihat oleh orang tersebut. Kamu dengan pengikut dan orang lain tidak akan bisa melihat komentar tersebut.

Fitur Instagram Terbaru Akan Dirilis ‘Batasi’ Untuk Mencegah Komentar Bersifat Negatif

Jika kamu merasa penasaran dengan isi komentar negatif di Instagram itu, pihak Instagram juga sudah menyediakan opsi untuk melihatnya. Caranya dengan mengetuk pada pilihan ‘Lihat Komentar‘.

JANGAN LEWATKAN •
Riau Diserang Teroris, Mapolda Riau Jadi Trending Topic

Lalu kamu akan memiliki kontrol untuk menyetujui jika komentar tersebut dapat dilihat oleh orang lain, menghapus komentar, atau mengabaikannya.

Tidak hanya soal komentar saja, fitur Batasi ini juga berlaku di Direct Message (DM). Disaat kamu mulai membatasi seseorang di Instagram, maka pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan secara otomatis pindah ke Message Request dan disaat kamu membaca pesan dari mereka, tidak kan ada tulisan ‘Seen’ seperti pada biasanya.

Lalu orang yang sudah kamu batasi juga tidak akan bisa melihat kapan kamu aktif di Instagram (Active now) dan tidak bisa menerima notifikasi setiap interaksi dari akun yang sudah dibatasi.

Belakangan ini Instagram juga baru saja menambahkan stiker baru di Instagram Stories dengan sebutan ‘Creare Don’t Hate’. Dimana stiker Instagram itu wujud dari ajakan Instagram bersama-sama untuk membangun dan menjaga ekosistem Instagram dengan nuansa positif dan bebas dari bullying.

JANGAN LEWATKAN •
Ditegur Karena Rekam Film Avengers Infinity War, Netizen ini Malah Emosi

Cara mengaktifkan fitur Batasi ini cukup dengan menggeser ke sebelah kiri pada komentar yang bersifat negatif. Atau juga bisa memilih opsi ‘Restrict/Batasi’ langsung pada profil akun mereka. Untuk mengubahnya kembali cukup pilih ‘Unrestrict/Batal Batasi’.