Google Saat ini sedang menguji coba kemampuan baru untuk Masuk (Sign-in) ke akun Universal layanan milik mereka Tanpa Menggunakan Sandi (password). Pemilik akun hanya perlu mengkonfirmasi akses menggunakan Notifikasi di Smartphone milik mereka.

Hal ini di ketahui melalui uji coba pertama kali yang di umbar penggua Reddit rp1226 bernama Rohit Paul. Ia mendapatkan undangan dari Google untuk menjajal langsung fitur yang masih dalam tahap Prototipe ini pada akun Google pribadinya.

Google pun membenarkan Postingan Rohit. “Kami mengundang beberapa pengguna untuk membantu uji coba kemampuan sign-in ke akun-akun Google tanpa permintaan password,” kata juru bicara Google, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun Dafunda #Tekno, Kamis(24/12/2015).

Menurut perwakilan Gogole, peran Password tidak lagi benar – benar melindungi keamanan privasi pengguna, Kebanyakan orang memilih untuk membuat password mudah. ‘pizza’, ‘password’, ‘123456’, dan susunan angka lainnya mudah tertebak,” kata dia.

JANGAN LEWATKAN
Pemerintah Minta Apple dan Google Hapus Uber Taiwan dari Toko Aplikasi, Mengapa?

Perwakilan Google itupun menjelaskan cara kerja fitur “Sign-in Tanpa Password” yang mereka kembangkan. Pertama, Pengguna (pemilik Akun) harus mengontentifikasi Smartphone yang mereka gunakan dengan akun Google.

Lalu Setiap kali mengggunakan Layanan Google (Seperti Gmail, Google Drive, Youtube, Google +, dan lainnnya), Pengguna hanya perlu memasukkan Alamat E-mail dan langsung mendapatkan notifikasi khusus di Smartphone mereka. Selanjutnya pengguna cuma perlu memberikan Jawaban “Ya” atau “Tidak” memberikan izin akses akun tersebut.

Saat ini fitur “Sign-in dari Ponsel”  baru bisa di uji coba pengguna Android dan iOS. Belum ada kepastian soal kapan fitur ini dapat di gunakan dan diresmikan untuk publik.

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.