TeknoTips

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca? Kamu Bisa Atasi dengan 7 Cara Ini!

Melakukan backup data dengan mengandalkan sebuah hardisk eksternal adalah solusi yang terbaik dan banyak orang yang melakukannya. Dibandingkan menyimpan data ke cloud, banyak orang masih memilih menyimpan data mereka ke hardisk eksternal.

Alasannya berbagai macam, ada yang bilang jika menyimpan data ke hardisk eksternal nanti dapat diakses lebih mudah kapan saja dan dimana saja tanpa butuh internet. Lalu bagaimana jika suatu saat hardisk eksternal tidak terbaca? Kejadian seperti ini tentu sangat menyebalkan bukan?

BACA JUGA:

Tentu kamu tidak dapat mengakses data yang disimpan di dalam hardisk eksternal tersebut. Namun jangan khawatir, karena banyak cara untuk mengatasi masalah seperti ini. Dafunda Tekno kali ini ingin kasih tahu kamu cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca sama sekali.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Bagi yang pernah mengalami atau saat ini sedang mencari solusi hardisk eksternal tidak terbaca, kamu bisa mencoba beberapa cara yang Dafunda Tekno bagikan di bawah ini.

Selected for you
Cara Mengunci File Tanpa Software Di Windows

1. Menggunakan USB Port Lain

harddisk eksternal tidak terbaca

Jika hardisk eksternal tidak terbaca kamu bisa mencoba menghubungkan ke USB port lain yang tersedia di perangkat. Jika sebelumnya sudah dicoba ke port USB 3.0, coba ganti ke USB 2.0.

Selain itu kamu juga dapat mencoba dengan menghubungkan ke laptop atau komputer lain. Coba hubungkan juga ke perangkat yang sistem operasinya berbeda, misalkan jika tidak muncul di PC Windows, kamu bisa coba ke Mac.

BACA JUGA: Cara Mudah Memperbaiki Windows yang Tidak Bisa Di Install Pada Partisi Hardisk GPT Partition Style


2. Perbarui Driver

Update Driver Windows

Salah satu penyebab hardisk eksternal tidak terbaca bisa jadi karena Windows kamu sedang bermasalah pada driver. Nah kamu bisa mencoba melakukan update driver Window, atau jika ada kehilangan driver di Windows kamu bisa atasinya dengan cara berikut ini.


3. Format Hardisk

Format Hardisk

Jika memang hardisk eksternal masih tetap tidak terbaca di File Explorer Windows, kamu bisa coba membuat partisi baru. Caranya klik kanan di menu Start, lalu pilih Disk Mananagement. lalu pilih Create and Format Hard Disk Partitions.

Scroll ke bawah dan lihat jika memang hardisk eksternal kamu ada di dalam daftar pastikan hardisk tersebut online dan sudah diformat. Jika offline klik kanan di nama disk dan pilih online.

Selected for you
Cara Mencegah Virus Petya Menginfeksi Komputer Kamu

Jika disk belum diformat atau ada tulisan Unallocated, klik kanan dan pilih ‘New Simple Volume’ lalu ikuti wizard yang tersedia untuk membuat partisi baru. Namun perlu hati-hati karena langkah ini dapat menghapus data yang ada di hardisk. Jadi pastikan sebelumnya tidak ada data penting di dalamnya.

BACA JUGA: Begini Keunggulan Menggunakan SSD di Perangkat Komputer


4. Ganti Letter Hardisk

Change Driver Letter And Paths

Apabila hardisk eksternal kamu sudah online dan di format melalui Disk Management namun tidak terlihat namanya, kamu bisa coba klik kanan pada volume yang dimaksud. Lalu pilih Change Drive Letter and Paths untuk menambahkan huruf. Pilih huruf yang standar untuk removable drive seperti G, H, dan J.


5. Bersihkan Hardisk

harddisk eksternal tidak terbaca
Hardisk | Redaksi Cepat

Untuk kasus yang lebih spesifik, dimana hardisk eksternal tidak terbaca juga mesti sudah dilakukan format melalui Disk Management. Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan dengan cara membersihkan drive. Yaitu dengan mengembalikan harddisk ke pengaturan awal.

Caranya buka menu Start lalu ketik ‘diskpart’ lalu tekan tombol enter. Nah nanti akan muncul prompt ketikkan ‘list disk’ dan tekan enter untuk melihat disk yang tersambung ke sistem.

Jika memang terlihat ada drive di dalam daftar tersebut, pastikan lagi ukuran dan namanya. Misalkan ‘Disk 2’, lalu jalankan command ‘select disk 2’ untuk membersihkan hardisk eksternal tersebut.

Selected for you
5 Penyebab Komputer Sering Berbunyi Mencurigakan

Setelah itu ketik ‘clean’ dan tekan enter. Secara otomatis akan menghapus semua data yang ada di dalam hardisk kamu dan coba kembali untuk format hardisk lewat Disk Management.


6. Mengaktifkan Hardisk di BIOS

Hardiks Di Bios

Jika hardisk eksternal tidak terbaca karena tidak aktif di BIOS, maka sistem operasi tidak akan dapat mendeteksi. Sehingga hardisk eksternal tidak akan muncul di Windosw Explorer.

Caranya mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca kamu bisa melakukan restart komputer dan tekan tombol BIOS sesuai dengan komputer. Gunakan tombol panah yang ada di keyboard untuk memilih ‘Integrated Peripherals’ kemudian tekan enter.

Gunakan tombol keyboard pilih ‘USB Controller’ jika sudah aktif, ubahlah menjadi ‘Enabled’. Simpan lalu keluar dari BIOS, dan setelah itu restart kembali komputer dan cek apakah hardisk kamu sudah terdeteksi di Windows.


7. Ganti Kabel Baru

Kabel Usb Harddiks

Jika semua cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca di atas semua sudah kamu coba tetapi masih belum bisa juga terdeteksi di Windows atau Mac. Mungkin bisa jadi masalahnya di kabel USB. Coba ganti kabel USB yang digunakan untuk menghubungkan hardisk eksternal dengan komputer.


Itulah beberapa cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca di Windows. Nah jika kamu ada cara lain untuk mengatasi masalah di atas, kamu bisa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications