Hari Tanpa Bayangan: Apakah Mengganggu Sinyal Telepon?

in ,
Hari Tanpa Bayangan Mengganggu Sinyal Telepon

Esok hari diperkirakan akan terjadinya hari tanpa bayangan di Indonesia dan ada rumor yang mengatakan ada potensi terganggu nya sinyal komunikasi. Nah apakah fenomenal seperti ini akan membuat sinyal atau jaringan telepon akan terusik?

Rhorom Priyatikanto dari Pusat Sains Antariksa LAPAN menjawab atas pertanyaan tersebut lebih kurang begini, “masalah sinyal telepon tidak akan terganggu, pasalnya alur komunikasinya via tower BTS (Base Transceiver Station). Jadi tidak sampai ke satelit,”ujar Dia.

Namun untuk teknologi yang mengandalkan satelit, ini akan berdampak cukup besar ketika terjadinya hari tanpa bayangan ini.

 

“Seperti teknologi VSAT, TV kabel yang menggunakan parabola dan telepon satelit akan mengalami yang namanya sun outage alias tidak dapat sinyal, karena pemancaran berada dekat dengan Matahari”, cetus Rhorom.

Nah, mengenai berapa lama akan terjadinya gangguan layanan yang mengandalkan teknologi satelit tersebut, Rhorom mengatakan durasinya bisa beragam.

JANGAN LEWATKAN •
Pemerintah Berencana Bangun Server Cloud Sendiri di Indonesia

“Bisa jadi sekitar 15-30 menit. Waktunya juga beragam, itu semua tergantung dengan satelit mana yang digunakan. Puncaknya bisa mulai dari jam 10.00 WIB hingga jam 14.00 WIB, dan tergantung dari orientassi parabolanya” ungkap Dia.

Dampak yang dirasa pun relatif singkat, jadi tidak perlu hingga mengkoordinasi dengan kementrian yang terkait secara masih demi untuk mengantisipasi dampak dari hari tanpa bayangan yang terjadi besok.

Seperti berita yang Dafunda Tekno bagikan sebelumnya, besok Indonesia akan mengalami fenomenal alam yang menarik 21 Maret 2018. Dimana Matahari berada tepat dia atas ekuator (khatulistiwa). Kejadi tersebut akan membuat Indonesia pada siang harinya tidak memiliki bayangan.

 

LAPAN juga menyebutkan, Indonesia akan mengalami hari nir bayangan atau hari tanpa bayangan sebanyak dua kali pada tahun ini, yaitu pada 21 Maret dan 23 September 2018.

JANGAN LEWATKAN •
Gaji Sering Telat Dibayar, Karyawan Mobile Legends Indonesia Curhat di Sosmed

Peristiwa ini terjadi dikarenakan BUmi beredar mengitari Matahari dengan jarak 150 juta kilometer dan periode sekitar 365 hari. Disini garis edar Bumi lebih lonjong, sehingga membuat Bumi kadang bergerak lebih lambat dan lebih cepat.

 

Bidang edar Bumi sering disebut dengan bidang ekliptika. Bidang ini lebih miring sebesar 23,4 derajat terhadap bidang ekuator Bumi. Membuat tampak dari Matahari berada diatas Bumi utara selama sekitar setengah tahun dan berada di atas belahan Bumi selatan setengah tahun dari sisanya.