Ini Penyebab Google Hapus Aplikasi Benchmark AnTuTu di Play Store

in ,
Benchmark Antutu Dihapus Google
Benchmark Antutu Dihapus Google | bajtbox.com

Belakangan ini sejumlah aplikasi AnTuTu seperti AnTuTu 3DBench, AnTuTu Benchmar, dan AnTuTu Benchmark yang sempat hilang di toko Android, Google Play Store. Pada saat baru-baru saja hilang mungkin belum diketahui apa penyebab aplikasi benchmark AnTuTu bisa hilang.

Namun setelah beberapa hari pihak AnTuTu memberikan keterangan terkait Google menghapusnya.Menurut keterangan resmi dari AnTuTu seperti yang dilaporkan AndroidPolice, mereka mengatakan jika penghapusan aplikasi tersebut disebabkan karena adanya kaitan dengan AnTuTu dengan pengembang aplikasi.

Menurut Google, pengembang aplikasi yaitu Cheetah Mobile (CM) nakal. CM sendiiri juga diketahui sering melakukan pelanggaran terhadap kebijakan Google, seperti melakukan perubahan di aplikasi browser default dari Crhome ke buatan milik mereka.

Penyebab Google Hapus Aplikasi Benchmark AnTuTu di Play Store

Dengan begitu, perusahaan asal Moutain View, California AS itu bertindak tegas dengan cara mencabut semua aplikasi buatan Cheetah Mobile dari toko aplikasi Google Play Store pada Februari lalu.

JANGAN LEWATKAN •
Nonton Video Lebih Hemat Kuota, Karena Iklan 30 Detik di Youtube Akan Dihapus

Lalu pihak AnTuTu telah membantah atas alasan yang diberikan oleh Google. Mereka bahkan mengatakan jika AnTuTu tidak ada kaitan denagn CM, hanya saja dari segi akun pengembang Google Play Store.

“Akun AnTuTu tidak ada hubungan dengan akun CM. AnTuTu dikembangkan mulai 2011 dan itu dibuat sebelum ada CM. cetus AnTuTu seperti yang Dafunda Tekno kutip dari AndroidPolice.

CM Investor AnTuTu

Disamping itu mereka mengakui jika CM merupakan salah satu investor mereka di perusahaan pembuat aplikasi benchmarking. Namun untuk operasi bisnis AnTuTu tetap saja independen, tanpa ada campur tangan dari CM.

Sementara di situs Cheetah Mobile (cmcm.com) yang terdapat di dalam daftar kebijakan privasi AnTuTu memang perlu dicantumkan. Karena pihaknya telah membeli produk hukum (legal services) dari CM.

Sedangkan CEO Cheetah Mobile, Fu Sheng mengatakan tidak ada ikut campur soal operasi bisnis AnTuTu. Artinya ia hanya menjabat dari salah satu petinggi saja. Kehadiran CEO Fu Sheng ini adalah sebagai syarat dari investasi antara CM dengan AnTuTu.

JANGAN LEWATKAN •
Induk dari Perusahaan Google Berencana Ingin Membasmi Nyamuk di Muka Bumi dengan Alat Canggihnya

Disamping itu pihak AnTuTu berharap kepada Google untuk memperbaiki kesalahpahaman ini dengan memulihkan aplikasi AnTuTu di Play Store. Hingga artikel ini terbit, sejumlah aplikasi AnTuTu masih hilang dari Google Play Store.

Namun pengguna bisa mengunduh file ‘apk’ yang resmi yang diunggah oleh AnTuTu melalui tautan di bawah ini.