Inilah Beberapa Produk Google yang Dapat Digunakan Secara Gratis Untuk Belajar di Rumah

in ,
Google Sediakan Layanan Belajar Gratis Untuk Siswa
Google Sediakan Layanan Belajar Gratis Untuk Siswa | unsplash.com

Wabah virus corona kian menyebar di beberapa wilayah di Indonesia, bahkan sudah ada yang memakan korban jiwa karena pandemi tersebut. Hal tersebut tentu berdampak kepada aktivitas sehari-hari jutaan orang, termasuk siswa yang sudah diliburkan.

Pemerintah memberlakukan kebijakan untuk para siswa di Indonesia supaya juga melakukan kegiatan belajar dari rumah. Ini adalah upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Bahkan Google memiliki komitmen untuk para siswa dan guru di Indonesia untuk melanjutkan pembelajaran di luar sekolah lewat G Suite for Education secara gratis dari Google.

“Dengan G Suite for Education tersebut, para siswa dapat belajar terus walaupun akses internet lambat atau tidak tersedia di mana mereka berada,” ungkap Danny Ardianto, Public Policy and Goverment Relations Manager Google Indonesia.

Google Sediakan Layanan Gratis untuk Siswa Belajar di Rumah

Sekolah kini juga dapat menggunakan Hangouts Meet, sebagai alat konferensi video yang sudah ada di seluruh pengguna G Suite dan Google Classroom. Aplikasi tersebut dapat digunakan belajar dan mengajar sekalipun jarak jauh.

Google sudah menyiapkan fitur Hangouts Meet secara gratis hingga 1 Juli 2020 yang memiliki kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam satu domain.

Hangouts Meet ini dapat digunakan untuk melakukan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas dan bisa merekam serta menyimpan di layanan cloud Google Drive.

Guru juga bisa manfaatkan Google Form untuk memberikan materi dan soal-soal latihan kepada siswa

Aplikasi Google Form juga dapat digunakan oleh para siswa atau guru untuk mendukung kegiatan belajar online yang kini mau tidak mau harus dilakukan.

Google Form berguna untuk para guru yang ingin menyiapkan materi pembelajaran dimana nanti dapat dibagikan kepada siswa untuk beberapa kelas.

Tidak hanya untuk memasukkan materi pembelajaran saja, Google Form juga berguna untuk membagikan video secara visual materi pembelajarannya. Serta lembar kerja yang dapat membuat para siswa belajar lebih aktif.

Pada Google Form itu pula guru-guru dapat memberikan tugas berisi soal-soal yang perlu dikerjakan oleh siswa. Bagi yang ingin membuat Google Form kamu bisa lihat tutorial di bawah ini.

Jika soal-soal tersebut telah selesai dikerjakan, para siswa dapat langsung mengunggah kembali tugas mereka di dalam Google Classroom yang nanti bakal ditanggapi oleh guru.

Informasi selengkap soal Google G Suite for Education dapat diakses melalui tautan di bawah ini.

Bagikan jika kamu suka