Ketik BFF di Facebook Bisa Tahu Keamanan Akun, Benarkah?

in , ,
Cek Kemanan Akun Facebook

Setelah beredar berita terkait bocornya data pengguna Facebook belakangan ini membuat segelintir oknum jahil memanfaatkan situasi nya. Banyak netizen sudah memposting di Facebook tentang cara cek keamanan sebuah akun Facebook.

Postingan tersebut lebih kurang seperti ini bunyinya “Mark Zuckerberg, CEO Facebook sudah menemukan cara memastikan akun Anda aman di Facebook dengan mengetikkan kata BFF. Apabila kata tersebut terlihat hijau, maka akun Anda terlindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, segera ubah kata sandi Anda karena bisa jadi sudah diretas oleh seseorang”.

Ketik “BFF” di komentar Facebook bisa tahu kemanan akun, benarkah?

Hingga saat ini postingan tersebut sudah menyebar banyak di Facebook dan banyak pengguna Facebook sudah mengikutinya dengan cara mengetikkan kata “BFF” pada kolom komentar sesuai dengan petunjuk.

Dari hasil teks “BFF” yang ditulis ada yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna hitam. Lantas apakah teks “BFF” yang berwarna hitam menandakan akun Facebook tidak aman? tentu saja tidak, karena postingan yang sudah beredar itu tidak benar.

 

Kita sebagai pengguna setia Facebook jangan pernah menerima mentah-mentah informasi demikian. Maka kita harus lebih teliti terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran dari informasi tersebut.

 

Teks “BFF” tidak muncul warna hijau maka akun diretas itu HOAX

Jadi alasan tulisan setiap pengguna yang ditulis berwarna itu yang katanya untuk mengecek keamanan tersebut adalah sebuah fitur dari Facebook sendiri yang dinamakan Text Delight yang baru saja diluncurkan tahun lalu.

 

Seperti yang dilaporkan dari Mashable, fitur Text Delight ini adalah cara Facebook untuk membuat tulisan status atau komentar lebih bervariasi dan berwarna. Sehingga saat pengguna membuat tulisan dengan kata-kata tertentu seperti Rad, BFF, LMAO, Thank You So Much, CongratulationsCongrats, atau kata You Got This, maka secara otomatis kata-kata tersebut akan berubah menjadi warna dan memiliki efek animasi.

Apakah kamu juga menjadi korban atas informasi yang tersebar di Facebook tersebut? Jika iya, kamu kedepan harus lebih bijak dalam mengambil suatu informasi apa saja. Namun jika kamu sudah mencoba mengetikkan kata “BFF” di kolom komentar dan masih berwarna hitam, bisa jadi kamu belum update aplikasi Facebook ke versi terbarunya.

 

Tinggalkan Balasan