Berita TeknologiHardwareTekno

Melihat Keunggulan Qualcom Snapdragon 660 dan 630

Perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika, Qualcomm beberapa waktu yang lalu secara resmi telah meluncurkan Processor seri terbaru yang sangat di rekomendasikan untuk smartphone berkategori High-end.

Kedar Kondap selaku VP Product Management Qualcomm Technologies mengatakan, dua chipset baru itu memiliki beberapa keunggulan dari dua pendahulunya 653 dan 626. Di antaranya perbaikan kualitas gambar dan kemampuan LTE yang lebih cepat.

“Snapdragon 660 sudah tersedia secara global hari ini, produk yang menggunakan platform mobile tersebut kami perkirakan beredar di pasaran pada akhir Juni 2017. Sementara Snapdragon 630 akan tersedia akhir Mei, produk yang mengusungnya mungkin akan ada di market mulai kuartal ketiga 2017,”

ujar Kedar Kondap, Wakil Presiden, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, Inc. pada acara Snapdragon Tech Day di Hotel Fairmont Singapura (9/5/2017).

snapdragon 660

Chipset Qualcomm Snapdragon 660 merupakan chipset kelas menengah, namun chipset ini telah dilengkapi dengan beberapa tingkat optimasi performa, efisiensi penggunaan baterai dan lain-lain. Namun jika Snapdragon 835 sudah menggunakan proses 10nm, SD660 masih mengandalkan fabrikasi 14nm LPP Samsung.

Kelebihan Snapdragon 660 dan Snapdragon 630

Snapdragon 660 memiliki prosesor octa-core yang mungkin kombinasi dari Core Cortex-A73 dan A53. Chipset ini dikatakan datang dengan GPU Adreno 512 dan mendukung dual-channel LPDDR4X-1866 memory, UFS 2,1 storage, kamera 24MP, LTE Cat.10.

Fitur unggulan yang pertama kali akan dirasakan pemilik smartphone dengan platform mobile Snapdragon seri 600 antara lain: peningkatan kualitas kamera, audio, pemrosesan visual, konektivitas, peningkatan kerja CPU dan GPU, pengisian baterai cepat, keamanan, serta machine learning yang lebih baik, sehingga pengalaman mobilitas mereka akan menjadi lebih istimewa.

Fitur uang membuat Snapdragon 660 dan 630 ini istimewa antara lain :

CPU dan GPU yang lebih baik

Platform mobile Snapdragon 660 adalah penerus dari Snapdragon 652 yang memiliki 20 persen peningkatan pada CPU Qualcomm Kryo 260, dan 30 persen peningkatan pada kinerja GPU Qualcomm Adreno 512. Hal ini memberikan pengalaman gaming dan multimedia yang lebih baik bagi pengguna.

Snapdragon 630, yang meneruskan Snapdragon 625, menawarkan 30 persen peningkatan kinerja pada GPU Adreno 508 dibandingkan pendahulunya. Kedua platform dirancang untuk menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik.

Kamera

Fitur premium ISP Qualcomm Spectra 160 mampu meningkatkan kualitas gambar fotografi dengan menampilkan warna kulit yang lebih alami, pengambilan gambar yang jauh lebih baik pada kondisi rendah cahaya, serta efisiensi daya yang lebih baik.

Selain itu prosesor ini mendukung ‘throughput’ yang lebih tinggi untuk smartphone yang mengusung dual kamera. Beberapa fitur seperti optical zoom yang mulus, efek bokeh, dual pixel autofocus, dan stabilisasi perekaman video juga didukung keduanya.

Fitur Quick Charge 4

Platform mobile Snapdragon 660 dan 630 juga dilengkapi inovasi terbaru dari teknologi Quick Charge 4. Teknologi ini memberikan waktu bicara hingga 5 jam dalam waktu 5 menit, dan mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 15 menit.

Pemrosesan Audio/Visual

DSP Qualcomm Hexagon 680 dengan fitur vector extensions (HVX) pada platform mobile Snapdragon 660 memungkinkan untuk melakukan pemrosesan gambar, komputasi, dan pekerjaan ‘machine learning’ dengan performa tinggi namun hemat daya. Ini merupakan salah satu fitur premium yang baru pertama kali hadir di seri 600.

Selain itu, kedua platform ini juga mendukung teknologi Qualcomm AllWays Aware dengan dukungan untuk Google Awareness API. Teknologi ini memberikan pengalaman ‘always-on’ dengan daya yang sangat kecil berkat Hexagon DSP.

Konektivitas

Snapdragon 660 dan 630 dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 dan mengunakan transciever SDR660RF terbaru yang mendukung kecepatan downlink hingga 600Mbps. Ini juga merupakan inovasi terbaru pada jajaran SoC Snapdragon seri 600. Selain itu, Snapdragon 660 mendukung 2×2 MU-MIMO 802.11ac Wi-Fi untuk memberikan troughput data dua kali lipat dengan konsumsi daya 60 persen lebih rendah dibanding Snapdragon 652. Fitur ini juga memberikan jangkauan yang lebih baik, terutama di dalam rumah dan kantor dengan dinding bata dan beton yang sulit ditembus.

Kedua prosesor ini juga hadir dengan Qualcomm TruSignal, dengan carrier aggregation yang dirancang untuk mengoptimalisasi kualitas sinyal secara dinamis pada berbagai kondisi pengguna untuk jangkauan jaringan yang luas dan pengalaman data serta suara yang lebih konsisten.

Keamanan

Kedua prosesor ini mendukung Qualcomm Mobile Security yang memberikan fokus keamanan berbasis perlindungan hardware, otentikasi pengguna, dan validasi dalam perangkat mobile.

Snapdragon 660 dan 630 sendiri sudah memasuki tahap produksi dan siap beredar di pasaran pada akhir Mei 2017. Diperkirakan sejumlah merek smartphone akan menggunakan dua mobile platform ini untuk produk terbaru mereka.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment