Chipset Kirin 990 Bakal Dukung Rekam Video 4K 60fps

in ,
Kirin 990 Dukung Rekam Video 4k 60fps

Hadirnya P20 tahun lalu dan P30 Pro tahun ini, Huawei disambut dengan berbagai pujian berkat inovasi di segi kameranya. Namun untuk urusan video, kedua kamera flagship Huawei ini masih dinilai kurang memuaskan.

Salah satu alasannya adalah masih menggunakan chipset Kirin 970 dan Kirin 980, di mana masih belum mendukung video 4K 60fps. Fitur tersebut banyak diidamkan pengguna untuk sebuah smartphone yang memiliki kamera sentris saat ini.

Hal itu juga diakui oleh Huawei sendiri. Pada acara pertemuan media se-Asia Pasifik tepatnya pada peluncuran P30 Pro Maret 2019 lalu, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Changzhu Li mengatakan Huawei mungkin tidak bisa memberikan yang terbaik di segala hal, namun mereka berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan kameranya.

Pernyataan Li dikala itu merupakan tanggapan dari pertanyaan: apakah Huawei dan Leica akan ikut berinvestasi untuk mengembangkan kualitas video?

Ponsel Rekam Video 4K 60fps

Menurut hasil pengujian DxOMark, Huawei P30 Pro dengan dukungan chipset Kirin 980 memperoleh total skor 112. Di mana kemampuan foto paling tinggi yaitu di angka 119, sedangkan untuk video hanya 97.

Namun hal ini sepertinya tidak membuat perusahaan teknologi Cina ini menyerah. Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari situs Neowin, Huawei memberikan kabar bahwa Kirin 990 akan mendukung kemampuan merekam video 4K 60fps.

Kemampuan ini akan mulai disematkan pada kamera ponsel seri Mate 30. Nah bagi kamu pecinta ponsel Huawei, nanti tidak perlu lagi harus memilih resolusi tinggi dan frame rate.

Fungsi dari format video 4K 60fps ini sebenarnya sangat penting, pasalnya hampir setiap flagship yang menjadi kompetitor Huawei sudah menyediakan format tersebut. Hal itu juga dapat membuat standar kualitas dari hasil rekam video yang banyak didambakan oleh pengguna smartphone terutama bagi kalangan kreator konten.

Jika bercerita ponsel dengan kamera 4K, Apple lebih dulu menawarkan kemampuan ini pada 2017 melalui iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Lalu disusul oleh Qualcomm yang memperkenalkan rekam video 4K 60fps pada Snapdragon 845 dan ditanamkan hampir ke semua ponsel Samsung seri Galaxy S9 yang diluncurkan pada 2018 lalu.

Bagikan jika kamu suka