Layanan Operator XL Masih Error, Pengguna Diminta Untuk Ubah ke Jaringan 3G

in ,
Solusi Pihak Xl Untuk Jaringan Bermasalah
Solusi Pihak Xl Untuk Jaringan Bermasalah | twitter.com

Mulai dari Kamis 2/4/2020 kemarin, banyak pengguna layanan operator seluler XL Axiata yang mengeluhkan soal gangguan yang dialami.

Khususnya bagi pengguna yang berada di wilayah, Jabotabek, Bandung serta sekitarnya. Pengguna mengeluh kalau koneksi internet yang hilang atau menunjukkan pesan ‘no service‘ di ponselnya.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com, sehingga pengguna XL Axiata masih ramai di Twitter yang mengungkapkan keluhan di atas.

Salah satunya seperti pengguna dari akun Twitter @Muzakha, ia mengaku telah beralih ke jaringan 3GB atau tetap 2G supaya tetap bisa terkoneksi dengan internet.

Keluhan tersebut juga persis seperti yang dikatakan oleh pengguna lainnya dengan mention ke beberapa akun resmi XL, seperti @myXLcare, dan XLAxiata.

Namun jawaban yang diterima oleh pengguna beragam, mulai dari keluhan seperti yang Dafunda Tekno sebutkan di atas, koneksi lambat, terputus hingga menghilang.

Solusi Supaya Pelanggan XL Bisa terhubung dengan Koneksi Internet

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna harus mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) beberapa menit atau restart ponsel. Kemudian hidupkan kembali lalu aktifkan mode data. Lalu bagaimana juga tidak bisa setelah melakukan langkah tersebut?

Solusi selanjutnya yaitu pengguna diminta untuk menggunakan kualitas jaringan 3G. Jika masih di jaringan 4G LTE maka ubahlah ke WCDMA atau 3G. Setelah diubah nanti ponsel bakal diminta untuk restart dan atur kembali ke jaringan LTE.

Masalah jaringan di XL tersebut hanya dilaporkan oleh sejumlah pengguna di Jabotabek, Bandung dan sekitarnya.

Namun ada juga pengguna di wilayah lain yang mengeluhkan masalah yang serupa. Seperti salah satu akun Twitter @kana0611_, ia melaporkan jika ada terjadi gangguan serupa di Solo, Jawa Tengah.

Masalah lain juga terjadi seperti pulsa utama pengguna tiba-tiba habis saat mengakses internet, sekalipun sudah memiliki kuota internet. Masalah tersebut juga diungkapkan oleh akun Twitter @nuran_azrun.

Begini tanggapan pihak XL

Pihak XL Axiata telah mengklaim masalah tersebut telah diselesaikan sejak Kamis 2/4/2020.

“Setelahnya memang ada gangguan teknis di jaringan XL Axiata untuk sebagian wilayah Jakarta. Dampaknya untuk sebagian kecil pelanggan kami di wilayah tersebut. Namun saat ini tim sudah menangani, jaringan telah normal kembali” ungkap Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com.

Masalah di atas memang cukup mengganggu para penggunanya, terutama sekali bagi yang sedang belajar di rumah. Seperti imbauan dari pemerintah untuk menekan angka penyebaran wabah virus corona.