Mengambil Foto Orang Lain di Instagram Tidak Boleh Sembarangan, Wajib Izin

in ,
Aturan Baru Di Instagram
Aturan Baru Di Instagram | intelusagency.com

Salah satu media sosial berbagi foto dan video, Instagram kini makin memperketat aturan di platformnya.

Aturan yang sedang disusun sekarang adalah dimana pengguna harus meminta izin saat ingin menggunakan (embed) gambar atau konten milik pengguna Instagram lain.

Kebijakan yang baru dibuat ini karena ada kasus yang dialami oleh situs berita internasional Newsweek. Mereka digugat oleh seseorang fotografer bernama Elliot McGucken.

Mengambil foto orang lain ke depan tidak boleh tanpa izin pemilik

Newsweek dalam kasus tersebut telah menggunakan foto hasil jepretan Elliot yang disematkan di halaman web mereka tanpa izin pemilik foto.

Menurut pihak Instagram, aturan soal izin mengambil foto orang lain di Instagram ini dibuat untuk melindungi hak cipta konten milik pengguna.

Karena sudah banyak sekali konten milik pengguna Instagram yang diunggah pada situs tertentu tanpa ada izin dari pemilik konten tersebut.

“Kebijakan Instagram nanti mewajibkan pihak ketiga untuk mendapatkan izin dari pemegang hak yang berlaku. Mereka juga harus memastikan lisensi atas konten yang diunggah. Jika hukum nanti mewajibkan mempunyai lisensi,” ungkap juru bicara Instagram.

Instagram menerapkan aturan terbaru ini demi menjaga hak cipta konten penggunanya

Instagram menyebutkan mereka bisa memberikan izin lebih lanjut kepada pihak ketiga (sub-license) atau pengguna Instagram lain untuk menggunakan konten yang terdapat di platform mereka.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Berbagi Musik di Instagram (Android)

Jika yang mengambil gambar/foto tidak meminta izin kepada pengguna Instagram sebagai pemilik foto tersebut. Maka bakal digugat sebagai hak cipta.

Untuk sementara, pengguna juga bisa mengamankan foto miliknya di Instagram dengan mengubah profile menjadi private. Tidak terbuka untuk publik.

Jika memang aturan soal izin mengambil foto orang lain Instagram ini berlaku, apakah aturan tersebut sudah tepat? Bagaimana pendapatmu soal aturan baru yang bakal diterapkan di Instagram tersebut.

Yuk berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ini. Apakah kamu setuju kalau aturan ini bakal berlaku di Instagram atau tidak? Berikan alasanmu di bawah ini kenapa kamu memilih setuju atau tidak setuju.