Masako Wakamiya, Nenek Berumur 80 Tahun Dinobatkan Menjadi Developer Aplikasi Tertua Di Dunia

in ,
Masako Wikayama Min

Ternyata benar, belajar itu tidak mengenal batasan umur. Termasuk, nenek asal Jepang yang satu ini. Tak tanggung – tanggung ia belajar untuk belajar pemrogaman (coding) di umur 80 an. Ia dinobatkan menjadi developer iOS tertua di dunia.

Masako Wakamiya merupakan pensiunan pegawai pada tahun 1990-an.  Namun, pensiun tidak membuatnya berhenti belajar dan bekarya. Pada usia 60-an, Ia mulai mengenal apa itu komputer dan mulai mengotak atik nya. Butuh berbulan-bulan untuknya menjadi mahir untuk menggunakan komputer.

Hingga suatu saat, Wakamiya terpincut dengan produk milik Apple, iPhone. Namun, ia menemukan suatu masalah yang mungkin jarang disadari oleh developer lainnya. Sebagai lansia, ia tidak menemukan apps dan game yang memiliki target user untuk para lansia di Appstore. Hal ini yang membuat dirinya, ingin belajar membuat game dan aplikasi iOs. Sebelumnya, Ia pun sempat belajar piano di umur 70-an.

Masako Wakamiya Berhasil Membuat Aplikasi Bernama “Hinadan-the doll staircase” yang Bertujuan Untuk Menghibur Para Lansia

Masako Wikayama Aplikasi Min
Masako Wikayama Dan Aplikasinya Dalam TEDX | CyberInject

Sempat frustasi karena tidak ada developer yang membuat aplikasi untuk lansia. Membuat Wakamiya, mau tidak mau harus belajar ngoding dan berhasil membuat aplikasi yang berguna bagi para lansia.  Ia berhasil membuat game khusus lansia bernama “Hinadan-the doll staircase”.  Game ini terinsipirasi oleh festival boneka di Jepang bernama Hina Matsuri.

Wakamiya menuturkan bahwa tujuan membuat aplikasi ini adalah untuk menghibur para lansia sekaligus memperkenalkan budaya yang dimiliki oleh orang tua kepada para generasi milenial saat ini. Sehingga budaya dan tradisi tidak akan tergerus dengan perkembangan zaman.Game tersebut ternyata berhasil meledak di pasaran dengan unduhan 50.000 + dan memiliki rating yang mendekati nilai 5. Kedepannya aplikasi ini akan hadir dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Prancis dan China. Berkat kisah inspiratifnya, membuat CEO Apple, Tim Cook menobatkan Wakamiya sebagai developer aplikasi tertua di dunia. Masako Wikayama mengajarkan kepada kita bahwa belajar untuk menjadi sukses itu tidak mengenal umur. Selama ada kemauan pasti akan ada jalan.

Ayo mulai berdiksusi