Apa itu NFC pada hp dan Fungsinya!

in , ,
Pengertian Apa Itu Nfc Fungsi Nfc

Saat ini, sudah banyak device elektronik terutama smartphone yang memiliki fitur NFC. APlikasi NFC ini juga sering ditampilkan dalam iklan hp terbaru. Tapi tahukah kamu apa itu NFC? lalu apa fungsi NFC pada hp?

Apa itu NFC?

NFC (Near-Field Communication) merupakan fitur standar bisa ditemukan di beberapa smartphone. Fitur ini membuat smartphone dapat terkoneksi dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC. Cara kerjanya sama seperti RFID, hanya saja jangkauan dari NFC ini lebih pendek, sekitar 4 inci saja.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, NFC bisa berkomunikasi dengan perangkat lain yang disebut NFC Tags. NFC tag yang telah diprogram membuat pengguna bisa mengendalikan berbagai fungsi lewat smartphone mereka secara otomatis.

NFC terletak di belakang smartphone. Maka untuk menghubungan dua hp, kamu harus menempelkan perangkat tersebut secara back to back. Untuk penggunaan NFC Tags, kamu cukup menempel bagian belakang smartphone ke perangkat tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Pengertian RAM Serta Fungsi RAM di Komputer atau Laptop

Fungsi NFC pada HP

1. Mengirim Data Wireless

Sama seperti infra red, fungsi NFC pada hp membuat kamu bisa mengirimkan data secara wireless antara dua smartphone. Tapi NFC memiliki kelebihan dalam hal kecepatan yang membuat file cepat terkirim. Kamu bisa mengirim web page, kontak, foto, video dan semacamnya menggunakan fitur tersebut.

2. Memberitahu Posisi suatu Tempat

Saat NFC pertama kali dirilis, aplikasi yang paling umum digunakan adalah Check-in. Pengguna bisa mengetahui lokasi dengan check-in LBS (Location Based Service) di NFCTag yang disisipkan di suatu tempat. Dalam dunia bisnis, NFC digunakan untuk memintai tag yang memberikan informasi peta lokasi sebuah toko.

3. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Menggunakan NFC Tag bisa membuat pekerjaan lebih mudah, apalagi jika berhubungan dengan aplikasi. NFC bisa menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan hp dengan NFC Tag. Selain itu, ada juga aplikasi untuk menghidupkan lampu ruangan dengan menempelkan hp ke NFC Tag yang berada di pintu.

JANGAN LEWATKAN •
Teknologi AMOLED, Membuat Layar Smartphone Kamu Lebih Jernih dan Berwarna

4. Pembayaran Mobile

Sekarang, cara pembayaran sudah menggunakan uang elektronik, salah satunya adalah NFC. NFC ini bekerja seperti kartu debit, jadi tidak perlu lagi membawa uang cash.

Di bioskop Australia, kamu bisa membeli makanan ringan dengan menggunakan NFC. Hanya dengan memesan di aplikasi, lalu tempelkan hp pada lengan kursi untuk melakukan pemesanan.


Nah itulah pengertian apa itu NFC dan fungsi NFC pada Hp. NFC juga menjadi salah satu cara untuk mengecek keaslian hp Oppo. Jangan lupa bagikan dan komen untuk berdiskusi.