Redmi 9 yang Dirilis di Indonesia Tidak Ada NFC, Inilah Alasan Xiaomi!

in ,
Redmi 9 Versi Indonesia
Redmi 9 Versi Indonesia | megabites.com.ph

Xiaomi secara resmi merilis smartphone terbarunya yaitu Redmi 9 ke Indonesia, Selasa 14/7/2020. Ponsel ini adalah penerus dari smartphone Redmi 8 yang sebelumnya dirilis pada tahun lalu.

Masih sama seperti Redmi 8, Redmi 9 juga belum dibekali fitur “Near Field Communication” atau yang disebut dengan NFC. Padahal kalau dilihat dari smartphone di pasaran internasional lain sudah terpasang teknologi tersebut.

Alvin Tse selaku Country Xiaomi Indonesia menjelaskan kalau salah satu yang dipertimbangkan tidak menghadirkan NFC di Redmi 9 adalah karena ongkos produksi.

Alasan Xiaomi Tidak Sediakan Fitur NFC di Redmi 9 Indonesia

“Sebenarnya NFC adalah fitur yang menambah biaya, jadi ada faktor trade off di sini” ungkap Alvin pada sesi tanya jawab secara online setelah peluncuran Redmi 9 dan Poco F2 Pro.

Alvin juga mengatakan, Xiaomi Indonesia kini lebih mengutamakan peningkatan layar serta desain. Sehingga membuat pengalaman pengguna bakal lebih baik lagi dari pada seri sebelumnya.

JANGAN LEWATKAN •
Oppo Reno Ace 2 Bakal Dirilis Bulan Depan dengan Fast Charging 65W

Alvin tidak membahas soal sebagian pasar jika Redmi 9 sudah menggunakan NfC. Misalkan di China, tapi memang benar kalau harga yang dibandrol itu lebih mahal.

Untuk pasar di Indonesia, Xiaomi ingin menjaga harga jual Redmi 9 yang bisa berada di bawah Rp 2 juta. Sedangkan bagi konsumen yang mengharapkan fitur NFC, Alvin menyarankan untuk beralih ke Redmi Note Pro, dimana ada seri terbaru yaitu Redmi Note 9 Pro.

“Xiaomi Indonesia sudah menyematkan NFC ke mid-high-end Redmi Note Pro series” kata Alvin sekaligus berjanji untuk mempertimbagkan bakal membekali ponsel entry level Xiaomi dengan NFC di kemudian hari.

Redmi 9 memiliki spesifikasi yang sudah ditingkatkan

Walaupun tanpa NFC, Redmi 9 sudah ada beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan Redmi 8. Salah satunya di bagian desain seperti yang disebutkan Alvin. Terutama sekali di bagian punggung, di mana sudah ada modul kamera dengan menggunakan bingkai lingkaran yang memiliki tekstur berbeda.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Spesifikasi Vivo S1 dan Fitur Andalannya

Kamera Redmi 9 ini sudah sudah tersedia dalam empat konfigurasi, tidak lagi dua seperti di Redmi 8. Empat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 13MP (f/2.2). Lalu ada kamera ultra wide 8MP (f/2.2), makro 5MP (f/2.4) dan depth sensor 2MP (f/2.4).

Dari segi layar juga sudah luas, di mana memiliki ukuran 6,53 inci dibandingkan 6,22 inci di Redmi 8. Harga Redmi 9 adalah Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3GB dan internal 32 GB. Sementara varian RAM 4GB dan memori internal 64GB dibandrol seharga Rp 1.999.000.