Rusia Bakal Terapkan Larangan Menggunakan VPN Bagi Warganya, Ini Alasannya!

in ,
Rusia Larang Menggunakan Vpns

Mungkin artikel ini sangat membantu bagi yang ingin mengunjungi Rusia ke depan. Dalam waktu dekat ini, Kremlin akan memblokir para wisatawan yang menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk bisa terhubung dengan internet di negara mereka.

Di mana sebelumnya, Roskomnadzor selaku pengawas komunikasi Rusia pada Maret yang lalu, meminta kepada 10 VPN teratas dapat menghubungkan server mereka ke sistem IT yang dikelola pemerintah. Rusia dalam hal ini beralasan sebagai cara mencegah orang-orang di negaranya tidak mengakses situs terlarang.

Akan diberi waktu dalam 30 hari untuk para penyedia VPN dalam merespon permintaan pemerintah tersebut. Dari ke sembilan VPN menyatakan menolak diantaranya ExpressVPN, Hola VPN, HideMyAss!, IPVanish, KeepSolid, NordVPN, OpenVPN, TorGuard, dan VyprVPN. Hanya satu VPN milik Kaspersky yang patuh dengan ketentuan tersebut.

Rusia Larang Warganya Menggunakan VPN

NordVPN mengungkapkan mematuhi peraturan yang diterapkan oleh pemerintah, sama seperti melanggar penjanjian dari perusahaan dengan para penggunanya.

Lalu kepala Roskomnadzor Alexander Zharov menanggapi penolakan tersebut dengan mengatakan bagi yang tidak patuh dengan hukum di negaranya, maka konsekuensi yang diterima adalah diblokir. Rusia rencananya akan memblokir sembilan VPN di atas dalam waktu satu bulan ke depan.

Hukum harus dipertegas, dan jika perusahaan tetap menolak dan tidak mematuhi hukum, maka itu tetap diblokir, ungkap Zharov

Jika hal ini diterapkan, maka Rusia tampak lebih dekat dengan penerapan peraturan internet yang pernah dicanangkan pada tahun lalu, Digital Economy National Program. Di dalamnya tercantum para penyedia layanan internet (ISP) lokal tetap bisa menggunakan dengan semestinya pada saat Rusia tidak terhubung dengan internet dunia.

Dengan begitu, Rusia bakal mengasingkan diri dari internet global ke depannya.