Samsung Galaxy Unpacked digelar di CCIB Exhibition Centre (Centre de Convencions Internacional de Barcelona), Spanyol, Minggu malam waktu setempat. Namun ada sesuatu yang berbeda dari sesi tersebut.

Pada acara peluncuran Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge ini, tampak banyak banyak tamu undangan dan awak media yang datang, mengantre untuk menonton film singkat yang cukup membuat adrenalin terpacu.

024663700_1456107974-DSCF5269Jika hanya menonton film singkat tentu tidak akan membuat para hadirin rela menunggu. Ternyata mereka menonton film teersebut menggunakan headset virtual reality Samsung Gear VR. Seperti halnya menonton sebuah film 4D di bioskop, kursi yang diduduki penonton akan bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, menyesuaikan gerakannya dengan pergerakan tokoh dalam film.

JANGAN LEWATKAN
10 Prosesor Smartphone Paling Cepat Tahun 2016, Siapakah Juaranya?

Sekedar informasi, Hasil kerja sama antara Oculus dan Samsung ini, Gear VR juga kompatibel dengan perangkat mobile seperti, Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Edge+, Galaxy S7, dan Galaxy S7 Edge.

Perangkat berdimensi 198 x 116 x 90mm ini didukung speaker yang ditanam tepat di bagian atas telinga pengguna dan di bagian depan terdapat lensa yang berfungsi untuk mentransfer gambar dari display ke mata pengguna.

samsung_vrSamsung Gear VR juga dipersenjatai sejumlah sensor yang berfungsi untuk tombol headtracking, back, dan volume serta sebuah touchpad untuk navigasi.

Untuk mendapatkan perangkat canggih ini, pengguna tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga yang ditawarkan relatif murah dan mudah dijangkau. Dengan kisaran harga Rp 1,5 juta, pengguna sudah dapat merasakan pengalaman yang lebih nyata dan tanpa batas lewat Gear VR.

Satu hal lagi yang sangat mengejutkan adalah hadirnya pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg di Samsung Galaxy Unpacked. Ia mengatakan, virtual reality merupakan platform berikutnya untuk berbagai keperluan.

JANGAN LEWATKAN
Teknologi VR ini Mampu Membuat Kamu Balapan dengan Mata Tertutup

Memang saat ini virtual reality masih sebatas digunakan untuk sarana hiburan (entertainment) dan permainan (game). Namun ke depannya, Zuck optimistis virtual reality akan bisa digunakan, antara lain sebagai media berkomunikasi.

“Bayangkan jika kelak virtual reality akan memfasilitasi group meeting. Bayangkan apabila nanti virtual reality menjadi social platform berikutnya,” ujar Zuck bersemangat.

Ia juga menuturkan virtual reality yang dibuat oleh perusahaan Samsung memiliki kualitas tinggi. Ia menilai Samsung Gear VR merupakan salah satu perangkat virtual reality terbaik saat ini.