Sang Pencipta ‘Copy-Paste’ Meninggal Dunia

in ,
Pencipta Copy Paste Dan Cut
Pencipta Copy Paste Dan Cut | ekohotblog.com

Kali ini kabar duka sedang menyelimuti di dunia industri teknologi dunia. Sang pencipta ‘copy paste’ Larry Tesler telah meninggal dunia pada Senin 17/2/2020. Larry menghembuskan nafas terakhirnya di usia 74 tahun. Namun tidak disebutkan apa penyebab ia dari wafat.

Seperti yang diketahui, Larry adalah seorang pencipta konsep dari cut, copy dan paste saat bergabung dengan Xerox Palo Alto Research Center (PARC), pada 1973. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bagian pembuat graphical user interface (GUI).

Sang Pencipta Copy Paste Telah Meninggal Dunia

Ia bekerja di Xerox PARC dan berhasil menyematkan konsep copy paste di dalam aplikasi yang bernama Gypsy, yang ia buat dengan temannya Tim Mott. Konsep cut, copy dan paste itu bisa diakses melalui menu klik kanan.

Setelah bekerja di Xerox PARC pada 1980, lalu ia pindah ke perusahaan ternama, Apple Computer hingga 1997. Selama 17 tahun bekerja di sana, ia juga pernah menduduki sejumlah jabatan tinggi di Apple Computer.

Tesler juga pernah menjabat sebagai posisi Manager hingga Vice President dan Chief Scienst. Tidak hanya itu saja, ia juga menyempatkan diri untuk berkontribusi untuk sejumlah produk Apple seperti Macintosh, QuickTime, Lisa dan tablet Newton.

Biografi Singkat Larry Telser Seorang Pencipta Copy dan Paste

Macintosh dan Lisa saat itu merupakan komputer pertama yang mempopulerkan konsep cut, copy dan paste seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Setelah lepas dari Apple, lalu ia mulai mencari pengalaman baru di perusahaan teknologi besar lainnya seperti ARM (1990-2004). Lalu di Amazon (2001-2005), Yahoo (2005-2008), 23andMe (2008-2009) dan Mine (2013-2015).

Sejak 2009 lalu ia juga pernah menyediakan jasa konsultasi untuk memberikan solusi masalah user experience (UX) yang dialami para pelaku bisnis.

Selain itu Larry juga dikenal sebagai seorang yang memiliki konsep komputer modeless computing. Konsep ini diterapkan di situsnya, nomodes.com. Dia mengusung tampilan sederhana (hanya teks dan gambar), tanpa memiliki garis atau menu untuk pembatas halaman.

Larry lahir di kota New York, As tahun 1945. Berdasarkan dari halaman LinkedIn miliknya, ia pernah belajar di bidang matematika di Universitas Stanford, As pada 1961 hingga 1965.

Walaupun nama ia terdengar asing dan tidak sepopuler Bill Gates atau Steve Jobs. Namun kontribusi larry Tesler di dunia teknologi khususnya komputer patut diapresiasi. Karena berkat konsep yang ia temukan itu kini memudahkan para pengguna komputer.

Selamat jalan Larry Tesler. Jasamu takkan lekang oleh masa, terimakasih!