Setelah Dibongkar dan Dihitung-hitung, Harga iPhone SE 2020 Cuma Rp 3 Jutaan

in ,
Bongkar Iphone Se 2020
Bongkar Iphone Se 2020 | 24gadget.ru

Jika kamu mengikuti informasi sebelumnya di Dafunda Tekno tentu sudah tahu kalau Apple ingin meluncurkan iPhone murah tahun ini. iPhone murah yang dimaksud bernama iPhone SE yang tidak sedikit orang yang menantikannya.

Seri ini adalah jalan pintas kepada mereka yang ingin sekali memiliki iPhone dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan iPhone baru lainnya. Pada saat dirilis, harga iPhone SE 2020 terbaru ini dibandrol mulai dari 399 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta.

Bongkar-bongkar iPhone SE 2020 ternyata cuma butuh Rp 3 jutaan untuk merakitnya

Iphone Se 2020 Gunakan Komponen Mirip Di Iphone 8
Iphone SE 2020 Gunakan Komponen Mirip Di Iphone 8 | tinhte.vn

iPhone SE 2020 ini bisa dibilang mirip dengan iPhone 8. Tetapi hanya saja teknologi yang digunakan sama seperti di iPhone 11 yaitu menggunakan chipset Bionic A13. Karena itulah iPhone SE 2020 ini menjadi lebih menarik di mata para konsumen.

Apple juga bisa menghemat dan meraup keuntungan dari iPhone SE generasi kedua ini. Lalu kalau memang iya komponen dan bodi mirip dengan iPhone 8, berapa harga asli yang ditetapkan Apple untuk membuat perangkat iPhone SE 2020 ini?

Dari pertanyaan itulah membuat banyak dari lab teknologi dari Jepang bernama Fomalhaut ingin membagikan ongkos perakitan iPhone SE 2020. Setelah dioprek-oprek untuk melihat komponen demi komponen, ternyata ongkos perakitan iPhone SE 2020 ini hanya 217 dollar AS atau Rp 3,2 juta.

Jangan kaget dulu, karena beberapa bagian dari komponen iPhone SE 2020 adalah material lama dari iPhone 8. Namun jika dibandingkan dengan perakitan iPhone beberapa tahun lalu dan tanpa dihitung chipset Bionic A13, ongkos perakitan iPhone SE 2020 lebih rendah 18 persen.

Artinya sebagian dari komponen iPhone SE 2020 dan iPhone 8 bisa saling mendukung. Seperti layar, kamera, slot kartu SIM, mesin Taptic, dan speaker. Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Phone Arena.

Apple untung banyak jual iPhone SE 2020

Estimasi Ongkos Merakit Iphone Se 2020 Dan Terhadap Iphone 8
Estimasi Ongkos Merakit Iphone Se 2020 Dan Terhadap Iphone 8 | Fomalhaut Techno Solutions

Hal tersebut juga dapat lebih mudah bagi pengguna yang ingin melakukan perbaikan karena spare part sudah tersedia dan tidak semahal kelas iPhone terbaru.

Tetapi ada beberapa komponen yang tidak kompatibel. Seperti konektor baterai sudah berbeda. iPhone SE 2020 ini sudah menggunakan baterai seperti yang ada di iPhone 11.

Apple sepertinya makin untung nih, karena tidak perlu lagi mengeluarkan duit banyak untuk melakukan riset pengembangan soal perangkat. Di sisi lain dengan hadirnya iPhone SE 2020 ini, Apple bakal melebarkan sayap untuk target pasar di kelas menengah.

Hal tersebut juga bisa mendongkrak Apple soal pemasukan dan pangsa pasarnya dari bisnis iPhone di saat ekonomi global sedang lesu-lesunya disebabkan pandemi COVID-19.

Bagikan jika kamu suka