Smartphone HTC Terindikasi Bakal Kembali ke Indonesia

in ,
Smartphone Htc Kembali Ke Indonesia
Indikasi HTC kembali ke Indonesia | zimo.dnevnik.hr

Sebelumnya smartphone HTC pernah mengisi pasar ponsel di tanah air setelah itu menghilang dalam beberapa tahun yang lalu. Namun baru-baru ini ada kabar terkait vendor smartphone asal Taiwan ini bakal kembali ke Indonesia.

Hal tersebut terindikasi setelah ponsel HTC mendapat sertifikasi dan lolos untuk uji Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementrian Perindustrian (Kemenperin). Ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa menjual ponselnya di Indonesia.

Tertulis di dalam sertifikat dengan nomor 641/SJ-IND.8/TKDN/12/2019 yang dapat dilihat di laman Kemenperin. Disebutkan jika smartphone HTC tipe Wildfire R70 telah memperoleh nilai TKDN sebesar 30.55 persen.

Smartphone HTC Bakal Masuk Kembali ke Indonesia

Sertifikat tersebut dikeluarkan pada tanggal 6 Desember 2019 lalu. Yang melakukan pengajuan adalah PT. LCG Telecommunicaton and Technology sebagai distributor.

Berdasarkan satu pengamat gadget yang bernama Herry SW juga ikut bersuara soal kabar ini di akun Instagramnya terkait HTC kembali ke Indonesia. Kabar itu kembali diperkuat dengan adanya daftar HTC Wildire R70 di laman Kemenperin.

“Tetapi setifikasi SDPPI belum dikeluarkan” cetus Herry.

Sertifikat lolos uji Direktorat Jenderal Sumber Daya serta Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemekominfo adalah syarat lain yang wajib dipenuhi untuk sebuah produk sebelum dijual.

Sertifikasi Htc
Sertifikasi TKDN Kemenperin HTC Wildfire R70 | Kemenperin

Smartphone HTC Wildfire R70

Seperti yang diketahui, jika smartphone HTC Wildfire R70 sebelumnya sudah diluncurkan di India pada bulan September lalu dengan nama sebutan Wildfire X. Smartphone kelas mid-range ini menggunakan dapur pacu MediaTek Helio P22 dan tersemat tiga kamera di bagian belakangnya.

HTC mulai meninggalkan pasar Indonesia sejak tahun 2017 setelah merilis smartphone terakhirnya pada tahun 2015. Herry menilai alasan dari keluarnya HTC di Indonesia adalah karena nilai jual yang buruk kala itu.

Apalagi harga jual HTC di pasaran dianggap cepat sekali jatuh dan produknya kurang menarik di Indonesia. Namun Herry yakin jika saat ini masih banyak penggemar HTC di Indonesia.

Apakah kamu salah satu penggemar smartphone milik HTC? yuk berikan pendapatmu soal smartphone pabrikan Taiwan ini melalui kolom komentar di bawah.