Smartwatch ini gabungkan Sistem Mekanik Dengan Teknologi Digital

in ,
Prototipe Smartwatch Paling Tidak Biasa Tapi Sukses Menarik Perhatian, Seperti Apa Konsepnya?

Jika kamu berminat untuk membeli smartwatch dalam beberapa tahun ke depan, ada baiknya untuk menahan godaan tersebut. Pasalnya konsep smartwatch mungkin akan memulai babak baru. Prototipe bernama Cito menggabungkan unsur mekanik dengan teknologi digital.

Unsur mekanik yang dimaksud disini tidak seperti jam tangan ZeTime. Cito menawarkan konsep jam yang bisa berpindah-pindah, mulai dari berotasi, bergeser ke samping, melipat, atau mengorbit pergelangan tangan.

Dengan demikian posisi layar bisa dipindah sesuai sudut pandang pemakai. Misal ketika muka jam menghadap ke bawah, maka jam bisa mengorbit ke atas. Contoh lain saat kamu mengenakan kemeja lengan panjang yang menutupi jam, jika ada notifikasi yang masuk maka jam bisa bergeser ke samping.

Cito Smartwatch
Berputar berarti panggilan masuk, bergeser berarti ada alarm, mengorbit jika baterai lemah. Gerakan Cito bisa diatur sesuai kebutuhan

Menurut tim ilmuwan dari Dartmouth College dan University of Waterloo, fitur gerakan pada Cito dapat diaplikasikan untuk bentuk lain. Notifikasi dari aplikasi berbeda dapat disimbolkan dengan gerakan yang berbeda.

JANGAN LEWATKAN •
Larangan Anak Pakai Smartwatch ke Sekolah Viral di Internet!

Prototipe ini masih terlihat kasar dan tidak begitu menarik dari sisi desainnya. Apalagi teknologi baterai harus dikembangkan mengingat sisi mekanik memerlukan lebih banyak energi. Tetapi ide konsep Cito mungkin cukup menjadi magnet bagi perusahaan sekelas Apple atau Google untuk mengadopsinya.

Cito Smartwatch
Bagian mekanik masih terlalu tebal sehingga perlu pengembangan lebih lanjut

Para peneliti juga yakin manufaktur smartwatch bisa membuat kreasi baru lewat Cito. Minggu ini Cito akan dipamerkan di ajang Conference on Human Factors in Computing Systems. Apa kamu berminat dengan smartwatch seperti ini?

Untuk lebih jelasnya tonton video demonstrasi Cito berikut: