GadgetTeknoTipsTutorial Tekno

Kenapa Baterai iPhone Boros? Berikut 7 Tips Mudah Agar Awet

Kenapa baterai iphone kamu sering boros banget? Temukan jawabannya berikut dengan beberapa tips agar baterai iphone bisa awet.

Kira-kira kenapa ya baterai iPhone cenderung boros? Apakah ada cara untuk mengatasinya? Temukan jawabannya di 7 tips agar baterai iphone awet berikut ini!

Orang yang menggunakan iPhone mungkin merasa bersyukur karena fiturnya yang beragam dan keunggulannya.

Namun, masalah penggunaan baterai yang boros masih menjadi tantangan yang harus mereka hadapi. Karena daya baterai yang tiba-tiba berkurang, tidak mengherankan jika pemilik iPhone harus selalu dekat dengan charger.

Mungkin, alasan mengapa baterai iPhone cepat habis adalah karena penggunaan aplikasi dan fitur yang menguras daya. Namun, kamu tetap tidak dapat mengabaikan kemungkinan adanya masalah pada baterai kamu, ya.

7 Tips Agar Baterai iPhone Awet

1. Location Service yang terkadang gak perlu-perlu banget

Kenapa Baterai iPhone Boros? Berikut 7 Tips Mudah Agar Awet
Image: Guiding Tech

Penggunaan layanan lokasi dapat meningkatkan kinerja iPhone dengan lebih akurat. Meskipun ada beberapa aplikasi yang membutuhkan fitur ini agar ponsel berfungsi dengan baik, sebenarnya ada beberapa sistem dan aplikasi ponsel yang tidak terlalu membutuhkannya. Oleh karena itu, pengguna dapat mematikan fitur tersebut.

Agar bisa mematikannya, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Pengaturan > Privacy > Location Services
  2. Klik ‘Share My Location’ tanpa menonaktifkan toggle-nya 
  3. Atur nonaktif pada aplikasi yang gak butuh info lokasi setiap waktu. Contohnya, WhatsApp, bagikan hanya jika diminta
  4. Skroll ke bawah klik hingga menemukan dan klik ‘Layanan Sistem’
  5. Matikan seluruh toggle, kecuali Emergency SOS dan Find My iPhone, atau lokasi yang diperlukan untuk fitur tertentu.

Kamu juga memiliki opsi untuk menonaktifkan fitur ‘Significant Location’ jika tidak terlalu penting. Namun, tindakan ini akan berdampak pada pengaturan lokasi, seperti penyimpanan galeri dan iklan.

2. Menghapus widget

Widget iPhone
Image: Guiding Tech

Tips agar baterai iPhone awet selanjutnya ialah dengan menghapus Widget. Menggunakan shortcut widget untuk mempercantik tampilan layar adalah ide yang bagus.

Tetapi, perlu diketahui bahwa widget merupakan aplikasi kecil yang terus berjalan di latar belakang layar, meskipun tidak sedang digunakan.

Jika tidak kamu gunakan, sebaiknya menonaktifkan widget dengan menghapusnya dari layar. Jika kamu menggunakan iOS 14 atau versi yang lebih baru, tekan widget selama beberapa detik, kemudian pilih ‘Hapus Widget’ > ‘Hapus’. Menghapus widget adalah salah satu cara untuk menghemat daya baterai iPhone.

3. Menutup aplikasi yang sedang berjalan

Kenapa Baterai iPhone Boros? Berikut 7 Tips Mudah Agar Awet
Image: 01net

Mungkin terlihat sepele, tetapi tindakan ini juga dapat mengatasi masalah borosnya baterai iPhone. Meskipun para pegawai Apple berpendapat bahwa hal ini tidak perlu kamu lakukan.

Namun menutup aplikasi yang tidak sedang kamu gunakan dapat membantu mengurangi penggunaan baterai, seperti yang kami lansir dari Payette Forward melalui IDN Times.

Untuk melakukannya, kamu dapat mengklik dua kali pada tombol home atau menggesek bagian tengah bawah layar ke atas.

Kemudian, geser aplikasi yang tidak sedang kamu gunakan. Hal ini memiliki efek karena saat kamumembuka aplikasi dan tidak menggunakannya, aplikasi akan berada dalam mode tidur namun masih memakan memori.

Tidak mengherankan jika ketika kamu membukanya kembali, tampilan aplikasi tetap sama seperti saat kamu meninggalkannya.

4. Mematikan penyegaran aplikasi di latar

Nextpit Iphone 15 Plus Display
Image: Nextpit

Beberapa aplikasi di iPhone diberi izin untuk tetap terhubung dengan internet saat tidak kamu gunakan. Ini memungkinkan aplikasi untuk terus mengunduh konten baru meskipun tidak aktif.

Dari penjelasan tersebut, terlihat bahwa penyegaran aplikasi di latar adalah salah satu alasan yang kenapa baterai iphone boros.

Agar aplikasi tidak terus diperbarui, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi di Latar. Nonaktifkan pembaruan pada aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu penting.

5. Mematikan email push

Kenapa Baterai iPhone Boros? Berikut 7 Tips Mudah Agar Awet
Image: TapSmart

Tips selanjutnya agar baterai iPhone awet adalah dengan mematikan email push. Yups, email push termasuk salah satu faktor alasan kenapa baterai iPhone bisa menjadi boros.

Menggunakan fitur email push memang memberikan dukungan dalam pekerjaan. Namun, jika tidak terlalu penting, sebaiknya untuk mengatur notifikasi menjadi setiap beberapa menit atau setiap jam. Hal ini karena notifikasi email yang muncul terus-menerus dapat menguras banyak daya.

Misalkan, jika iPhone memiliki pengaturan email push, maka akan terus meminta server email apakah ada email baru. Oleh karena itu, disarankan untuk mengubah pengaturan email push menjadi pengambilan data. Caranya:

  1. Buka pengaturan > Mail > Account
  2. Klik ‘Fetch New Data’ di bagian paling bawah
  3. Geser toggle ‘Push’ menjadi nonaktif
  4. Atur waktu ‘Fetch’ yang kamu inginkan di bagian paling bawah

6. Notifikasi aplikasi yang berlebihan

Notifikasi iphone
Image: Beebom

Seperti halnya pengaturan email push pada point sebelumnya, notifikasi yang selalu aktif juga dapat menguras baterai iPhone dengan cepat. Ketika mengunduh aplikasi dan muncul pilihan ‘App Would Like To Send You Push Notifications’, sebaiknya memilih ‘Don’t Allow’, kecuali jika diperlukan.

Harus kamu ingat, ketika memberikan izin notifikasi pada aplikasi, itu berarti memperbolehkan aplikasi tersebut tetap aktif, bahkan ketika tidak digunakan.

Memang benar notifikasi yang tepat waktu memiliki manfaat, tetapi perlu memilih dengan bijak notifikasi mana yang sebaiknya ditampilkan. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya baterai.

7. Video pada wallpaper

Kenapa Baterai iPhone Boros? Berikut 7 Tips Mudah Agar Awet
Image: OSXDaily

Apakah kamu menggunakan video sebagai wallpaper? Ini adalah salah satu fitur utama iPhone yang menarik.

Namun, penggunaan visual yang indah ini juga mengakibatkan penggunaan baterai yang lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh GPU yang perlu bekerja lebih keras untuk menampilkan efek tampilan yang menarik.

Permasalahannya, GPU ini memiliki kebutuhan daya yang tinggi. Semakin kompleks dan menarik tampilan visual yang ditampilkan, semakin banyak pula daya yang digunakan. Untuk mematikannya, buka pengaturan pada menu Aksesibilitas, lalu pilih Gerakan dan matikan opsi ‘Kurangi Gerakan’.

Related Posts

No Content Available
Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks