Yuk Cek Apakah Ponsel Kamu Disusupi Iklan Bandel? Begini Caranya!

in ,
Cara Atasi Iklan Jahat Di Smartphone

Sudah banyak aplikasi bandel yang sudah dihapus oleh Google di Play Store. Aplikasi bandel ini dibuat oleh satu publisher yang bernama CooTek. Kata firma keamanan internet, CooTek ini adalah penyusup adware yang jahat BeiTaAd untuk aplikasi yang ada.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari 9to5Google, Lookout bersama firma keamanan melakukan investigasi dari semua aplikasi tersedia. Pasalnya sudah banyak laporan pengguna yang mempermasalahkan tentang iklan yang begitu marak muncul di dalam aplikasi.

Bahkan ada beberapa pengguna yang melaporkan, mereka sampai tidak bisa menggunakan perangkatnya karena begitu tinggi kapasitas iklan yang di push. Parahnya lagi, padahal aplikasi tersebut tidak dijalankan sama sekali.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim ahli tersebut, mereka menemukan aplikasi-aplikasi yang dilaporkan semua dipublikasi oleh CooTek. Dan Semua aplikasi yang dipublikasikan itu mengandung BeiTaAd.

JANGAN LEWATKAN •
6 Fakta Aturan Ponsel BM Diblokir Mulai Hari Ini

Setelah dilaporkan oleh tim investigasi, maka CooTek berjanji akan menghapus adware itu di aplikasinya. Namun investigasi yang dilakukan lebih jauh oleh BuzzFeed memperlihatkan masih banyak sekali aplikasi CooTek yang mengandung BeiTaAd.

Mengingat hal tersebut, Google akhirnya turun tangan untuk menangani masalah tersebut. Google mengambil keputusan yaitu melarang CooTek dan membatasi tidak lebih dari 200 aplikasi buatannya berada di Play Store.

Meski sudah ada larangan dari Google dan meningkatkan protokol keamanan di Google Play Store. Tidak salahnya kamu tetap terus waspada dan lebih selektif dalam menginstall aplikasi di Google Play Store.

Supaya lebih aman lagi, kamu bisa mencoba tips terhindar dari aplikasi jahat di Google Play Store berikut ini.

Tips Supaya Ponsel Tidak Terserang Aplikasi Jahat

  1. Selalu cermat dalam memilih aplikasi dan file yang ingin didownload baik melalui publisher lebih lagi dari sumber yang tidak dikenal.
  2. Perhatikan selalu ulasan dari pengguna lain yang sudah pernah mengunduh aplikasi tersebut. Jangan hanya melihat rating saja.
  3. Perhatikan izin apa saja yang diminta ke aplikasi yang sudah kamu install
  4. Gunakan anti virus dan browser yang dapat dipercaya dengan peraturan privasi dan pemblokiran iklan yang baik.
JANGAN LEWATKAN •
Cuma Dilarang Main Smartphone, Anak ini Tendang Ibunya Berkali-kali

Itulah beberapa tips supaya terhindar dari aplikasi jahat di ponsel. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu untuk terus waspada dari aplikasi-aplikasi yang sudah banyak beredar saat ini.