Hati-hati yang Sering Menggunakan Telepon WhatsApp, Bisa Disusupi Spyware Israel

in ,
Whatsapp

Ada sebuah laporan yang menyatakan terdapat celah di aplikasi WhatsApp, tepatnya melalui fitur telepon WhatsApp. Pada fitur telepon WhatsApp bisa disusupi spyware asal Israel.

Spyware ini adalah hasil buatan perusahaan milik Israel bernama NSO Group yang bisa menginfeksi lewat telepon WhatsApp versi Android dan iOS.

Parahnya selain bisa menginfeksi lewat jalur telepon WhatsApp, Spyware ini juga masih bisa menyusupi telepon yang masuk tanpa di jawab korban. Bahkan pada beberapa kasus, daftar panggilan tak terjawab bisa hilang di log sehingga pengguna WhatsApp tidak menyadari jika ada yang menelpon.

Kabarnya celah ini baru muncul setelah beberapa minggu lalu. Pihak WhatsApp juga sudah mengatasinya melalui update WhatsApp terbaru. Sekaligus mengimbau kepada pengguna untuk segera memperbarui ke versi terbaru.

Serangan ini dilakukan oleh salah satu perusahaan privat yang sudah sering dikontrak oleh pemerintah untuk mengirim spyware yang katanya untuk mengambil alih fungsi sistem operasi.

Belum tahu berapa jumlah pengguna yang sudah mendapat dampak dari serangan ini. Namun sebagai informasi perusahaan milik Facebook ini sudah memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna.

NSO Group dikenal sebagai perusahaan membuat alat mata-mata seperti Pegasus dan menawarkan kepada pemerintah di seluruh dunia sebagai alat untuk mengatasi kejahatan dan terorisme,