YouTube Mulai Uji Coba Fitur Seperti di TikTok

in ,
Fitur Terbaru Youtube
Fitur Terbaru Youtube | hype.grid.id

TikTok memang sebelumnya pernah menjadi aplikasi yang anti dikalangan penggiat sosial media. Tapi sampai saat ini pengguna TikTok semakin hari semakin bertambah. Karena kepopuleran TikTok bisa dibilang suatu ‘ancaman’ bagi media sosial lainnya.

Salah satunya Instagram, dimana mereka sudah meluncurkan satu fitur yang bernama Reels. Dengan fitur tersebut pengguna sudah bisa merekam sekaligus menyunting video yang berdurasi 15 detik. Selain itu sudah siap juga dengan elemen hiburan pendukung seperti musik dan tingkat kecepatan video.

Merasa tidak ingin ditinggal masa, YouTube juga sudah menguji coba fitur yang serupa. Bagi pengguna yang beruntung mendapatkan fitur uji coba ini bakal menemukan opsi ‘create a video’ pada aplikasi YouTube.

YouTube Mulai Uji Coba Fitur Seperti di TikTok

Setelah memilih opsi tersebut, nanti bakal ada tombol untuk merekam. Pengguna cukup menekan dan menahan tombol tersebut untuk memulai perekaman video.

Seperti halnya di TikTok, pengguna juga bisa merekam satu video utuh dengan durasi 15 detik atau membuat potongan-potongan klip yang nanti bisa disatukan menjadi satu video dengan durasi yang lama. Setelah melakukan perekaman video, video tersebut bisa langsung di upload ke YouTube.

YouTube mengungkapkan kalau uji coba ini adalah salah satu dari beberapa uji coba video pendek yang sedang mereka kembangkan.

“Kami selalu melakukan eksperimen dalam membantu para pengguna supaya lebih mudah menemukan, menonton, membagikan dan berinteraksi dengan banyak video penting bagi mereka.”ungkap salah satu perwakilan dari YouTube.

Berkat adanya fitur ini, pengguna sudah bisa merekam video berdurasi 15 detik dari aplikasi YouTube. Video berdurasi 15 detik tersebut nanti juga sudah bisa diunggah langsung lewat YouTube Mobile jika sudah tersimpan di dalam galeri video yang direkam.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Tech Crunch, YouTube belum menjelaskan banyak hal tentang uji coba ini melalui laman resminya. Seperti apakah bakal ada musik, filter, efek AR, tombol pengaturan kecepatan video atau sebagainya.

Fitur terbaru di YouTube ini masih dalam tahap pengembangan

Beberapa elemen tersebutlah yang menjadikan pengguna TikTok semakin betah, karena bisa berkreasi di platformnya. Ini bukan kali pertama YouTube mencontek fitur dari platform lain.

Seperti yang sudah-sudah, YouTube sudah punya fitur mirip seperti yang ada di Instagram Stories. Dimana Instagram juga sebelumnya mencontek fitur Snap tersebut di Snapchat. Fitur yang ada di YouTube persis sama tersebut diberi nama YouTube Stories yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

Namun fitur tersebut rasanya masih kurang untuk bersaing dengan Instagram Stories atau dengan TikTok. YouTube telah menegaskan jika video berdurasi 15 detik yang mirip dengan TikTok ini bakal tayang di YouTube Stories.

Tetapi YouTube tidak menjelaskan secara detail, dimana letak video pendek itu akan muncul. Uji coba mulai diterapkan ke sebagian kecil pengguna YouTube di Android dan iOS. Soal kapan dirilis fitur tersebut secara resmi belum ada keterangan dari pihak YouTube.