Berita TeknologiTekno

YouTube Perbarui Kebijakan Platform Setelah Kontroversi Logan Paul

Pada akhir Desember, YouTuber Paul Logan mengupload video yang menampilkan seorang pria yang baru saja meninggal bunuh diri di “Suicide Forest” yang terkenal di Jepang. YouTube sendiri mendapat kritikan karena tidak sigap, namun kini perusahaan tersebut telah memperbarui kebijakannya. Mereka mencoba untuk lebih tanggap mengatasi situasi ini di masa depan.

Jika channel mengupload video yang memiliki indikasi “mendatangkan bahaya” bagi pembuat konten, penonton, dan pengiklan, YouTube kini dapat mengambil langkah tambahan. Ini termasuk menangguhkan atau membatalkan program monetisasi premium, menangguhkan channel untuk menampilkan iklan, dan menghapus kelayakan channel menjadi video yang disarankan di YouTube.

Arel Barden, Wakil Presiden Manajemen Produk di YouTube, mengatakan ini tentang kebijakan terbaru situs tersebut:

“Kami sangat percaya pada kebebasan berekspresi dan kami tahu bahwa mayoritas mengikuti panduan dan mengerti bahwa Kalian adalah bagian dari komunitas besar, berpengaruh, dan saling berhubungan. Tapi kami juga tahu bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk melindungi seluruh komunitas creator, viewer, dan advertiser dari situasi langka namun seringkali merusak. Kami berharap mengeluarkan konsekuensi baru ini hanya dalam beberapa kasus mengerikan, namun kami juga berharap mereka membantu kami mencegah tindakan beberapa orang karena melukai komunitas yang lebih luas.”

Logan Paul kembali berulah

Youtube Ubah Kebijakan

Sejak video kontrovesial di suicide forest, Logan Paul kembali melakukan hal yang tak pantas di videonya. Paul membunuh tikus serta menyuruh penontonnya untuk memakan Tide Pod. Setelah kecaman lain, YouTube memutuskan untuk memberlakukan kebijakan barunya, menonaktifkan Logan Paul menghasilkan uang dari iklan di video YouTube-nya.

Sebagian orang memuji YouTube karena membuat dan memberlakukan kebijakan baru ini, karena hal itu akan membantu situs ini untuk lebih cepat dalam menanggapi situasi semacam itu. Namun, beberapa yang lainnya mengkritik karena tidak tegas dengan Logan Paul. Apalagi pendapatan Logan Paul hanya berkurang sedikit dari biasanya, sehingga tidak membuatnya jera.

Ke depannya, jelas bahwa tidak akan ada lagi toleransi untuk konten yang menyinggung dan berpotensi membahayakan seperti di YouTube dan Twitch. Tentu saja, kita akan melihat perkembangan bagaimana kebijakan ini akan mempengaruhi crator populer seperti Logan Paul dan PewDiePie.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks